26 February 2024

SinarHarapan.id-Intensitas serangan Israel ke wilayah Gaza, Palestina mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dalam jumlah yang terus bertambah.

Seruan pelbagai negara dan pihak digaungkan guna mengurangi ketegangan di daerah tersebut, baik gencatan senjata hingga aksi kemanusiaan dan boikot produk.

Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 yang mengharamkan produk-produk terafiliasi dengan zionis Israel dan menyarankan untuk menggunakan produk lokal Indonesia.

Dr. H. Ikhsan Abdullah, SH., MH selaku Wakil Sekretaris Jendral Bidang Hukum dan HAM dalam press conference yang digelar pada 15 November 2023 menyatakan, “Gerakan boikot melalui Fatwa MUI ini diharapkan diikuti dengan sungguh-sungguh oleh semua masyarakat Indonesia sebagai bentuk perlawanan agresi militer Israel atas Palestina dan sebagai bentuk gerakan kemanusiaan dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.”

“Kita tidak bisa melawan mengirimkan pasukan maupun senjata tanpa prakarsa dari PBB, dan PBB tidak bisa melakukan apapun. Maka hari ini yang bisa kita lakukan adalah melakukan boikot dengan perusahaan-perusahaan yang terafiliasi dengan zionis Israel agar dananya tidak disumbangkan untuk membeli mesin perang, karena jika hal itu terus menerus dilakukan mereka bisa terus membeli mesin perang dan itu tidak boleh terjadi.” ungkapnya.

Belakangan viral di sejumlah platform sosial media seperti TikTok bahwa beberapa produk minuman juga pro terhadap Israel seperti Aqua, VIT, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks dan 2 Tang. Bahkan Tagar #TolakDanoneAqua bahkan sempat menjadi trending topik di sosial media Twitter pada Sabtu malam, 11 November 2023.

Banyak penggunanya memposting sejumlah pernyataan bahwa Danone Aqua merupakan salah satu penyumbang dana untuk zionis Israel yang melakukan genosida terhadap Palestina. Kemudian menyerukan pemboikotan terhadap produk Aqua yang merupakan bagian dari perusahaan Danone. Lantas, benarkah kabar tersebut?

Tak banyak masyarakat yang mengetahui dengan jelas produk-produk mana saja yang berasal dari brand pro Israel. Untuk memastikan produk tersebut terafiliasi dengan Israel atau tidak, bisa dicek melalui situs bdnaash.com. Situs ini punya data perusahaan yang terafiliasi dengan Israel dan pro Israel.

Selain menggunakan situs bdnaash, cara lain untuk mengecek produk pro Israel yaitu BDS Movement, sebuah platform yang tersambung dengan warganet seluruh dunia.

Laman BDS mencantumkan berbagai organisasi dan perusahaan yang beroperasi baik dengan Israel maupun di atas tanah Palestina.

Untuk mengecek apakah suatu perusahaan atau produk terafiliasi dengan Israel, kamu bisa mengunjungi website bdsmovement.net/get-involved/what-to-boycott . Dalam website ini kamu bisa mengetahui perusahaan mana saja yang terafiliasi dengan Israel.

Memerangi warga sipil merupakan kejahatan hukum humaniter internasional, kejahatan perang yang harus kita lawan.