SinarHarapan.id-Salah satu industri penting bagi Indonesia adalah sektor Otomotif.

Geliat pertumbuhannya bahkan hingga ke aftersales dan produk pendukungnya.

Belanja keperluan otomotif kini tidak harus selalu ke bengkel atau toko otomotifnya.

Digitalisasi memudahkan konsumen yang ingin memiliki produk otomotif melalui marketplace, seperti Lazada Otomotif.

Lazada Indonesia sendiri telah mencatat rekor penjualan yang mencapai hampir tiga kali lipat melalui kategori LazOtomotif, dalam tiga tahun terakhir.

Hal ini semakin mendorong Lazada untuk menghadirkan berbagai inovasi layanan yang memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi konsumen yang berbelanja spare parts, produk perawatan kendaraan, modifikasi, dan perlengkapan berkendara secara online.

“Misi Lazada adalah untuk menjadikan LazOtomotif sebagai pendamping andal yang dapat membantu memenuhi kebutuhan produk otomotif, baik dengan menyediakan berbagai produk otomotif populer dan kebutuhan perawatan berkala, serta menghadirkan pilihan seller yang dapat memberikan jasa layanan end-to-end,” jelas Canggih Satriatama, VP Automotive Category Lazada Indonesia.(21/11/2023)

LazOtomotif menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan konsumen dan terbagi dalam 15 kategori mulai dari Interior hingga Eksterior Mobil, Suku Cadang, Motor, Velg, Ban, Aksesoris hingga Oli dan Pelumas Kendaraan.

Pilihan produk yang dihadirkan oleh LazOtomotif pun turut melihat tren kebutuhan konsumen dalam memenuhi keperluan otomotifnya, baik perawatan kendaraan bermotor secara berkala, perbaikan spare parts hingga modifikasi kendaraan yang dapat meningkatkan performa.

“Pertumbuhan seller UMKM kategori otomotif mencapai dua kali lipat yang turut disertai dengan meningkatnya pertumbuhan pembeli pada kategori ini,” lanjut Canggih.

Julian Johan (Jejelogy), penggemar otomotif menambahkan, “Konsumen di kategori ini sangat mementingkan kredibilitas platform dalam mengkurasi toko resmi yang dapat memberikan kepastian kualitas produk serta layanan yang andal.”

Jeje juga menambahkan, tips sebelum membeli peralatan otomotif adalah, pertama liat dulu foto produknya. Lalu bandingkan harganya hingga mendapatkan barang dan harga yang rasional untuk dibeli.

LazOtomotif memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan jasa pemasangan secara gratis untuk beberapa tipe produk perawatan berkala dan pemasangan spare parts yang membutuhkan keahlian teknisi.

Astra Otoparts, salah satu mitra seller dengan inovasi model penjualannya di Lazada, mengkombinasikan berbagai lokasi toko otomotif dan bengkel yang tersebar di berbagai wilayah untuk memberikan layanan bagi konsumen yang melakukan pembelian produknya melalui LazOtomotif.

Lie Se Chiang selaku Head of Retail Marketing and Business Development PT Astra Otoparts salah satu top seller yang ada di LazOtomotif mengatakan, “Model penjualan yang Astra Otoparts di LazOtomotif adalah dengan konsep ‘Do It For Me’ yaitu fasilitas langsung pasang tanpa biaya dengan menunjukan bukti pembelian melalui Lazada.”

Hingga kini pemesanan Oli mendominasi secara online, ungkap Lie Se.

Sebagai mitra ecommerce resmi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023, Lazada melalui kanal LazOtomotif juga telah mempersiapkan berbagai promo menarik yang dihadirkan berdasarkan penemuan Lazada terhadap minat beli konsumen selain berbagai produk kelengkapan berkendara harian.