SinarHarapan.id-PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengoptimalkan layanan pelanggannya melalui service ke rumah.
Didukung 191 outlet Bengkel Resmi dan 52 outlet Service Point di seluruh Indonesia, Suzuki terus menjangkau pelanggan baik di perkotaan hingga ke pelosok wilayah Indonesia.
Suzuki mencatat tren pertumbuhan Service Activity sebesar 2,4% per tahun sejak tahun 2020.
Nilai tambah dari layanan purna jual tersebut menjadi faktor yang patut diperhitungkan oleh pelanggan baik yang membeli mobil baru di diler maupun pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.
“Selain layanan purna jual seperti bengkel resmi dan Halo Suzuki 24 Jam di nomor 0800-1100-800, Suzuki juga menjangkau berbagai kebutuhan perawatan pelanggan lewat cara lain seperti Service Point Outlet, Home Service, Moving Service dan Fleet Service”, ujar Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).(18/8/2023)
Hariadi menambahkan, salah satu bentuk layanan yang cukup intensif dimanfaatkan oleh pelanggan masa kini yaitu Home Service, dimana kami melihat kebutuhan pelanggan untuk mendapatkan kemudahan dan kepraktisan juga menjadi prioritas yang harus kami jaga dengan baik.
Sekitar 61% dari total service outlet Suzuki atau 123 outlet berada di 60 kota besar dan menengah. Sedangkan 39% lainnya merupakan 79 outlet tersebar di 75 wilayah sub-urban.
Berdasarkan data yang dipantau oleh SIS, sebanyak 12% pelanggan di wilayah urban dan 12% pelanggan di wilayah sub-urban belum melakukan service rutin di Bengkel Resmi Suzuki, sehingga ada potensi service harus dipenuhi melalui bentuk layanan yang lain, yaitu Service Point Outlet, Home Service, Moving Service dan Fleet Service.
Melengkapi keberadaan Bengkel Resmi, Suzuki juga menyediakan 52 outlet Service Point yang menjadi pengembangan jaringan agar dapat menjangkau daerah luar perkotaan yang didominasi unit commercial seperti New Carry, namun tetap bisa menerima unit passenger.
Suzuki juga menyediakan Moving Service dimana Suzuki bisa menyambangi wilayah seperti perkebunan atau pedesaan yang berjarak lebih dari 30 km atau membutuhkan durasi berkendara lebih dari 1 jam untuk bisa sampai ke Bengkel Resmi terdekat.
Selain itu, Suzuki juga memfasilitasi pelanggan dalam kategori perusahaan melalui layanan Fleet Service, dimana terdapat kondisi seperti banyaknya unit inventaris milik perusahaan-perusahaan yang menggunakan mobil Suzuki dan mobilitasnya tinggi sehingga memerlukan perawatan yang rutin dan tepat.
Salah satu layanan perawatan yang saat ini semakin tumbuh adalah Home Service. Suzuki telah menyediakan Home Service sejak tahun 2015, dan menjadi semakin masif penggunanya saat adanya pembatasan mobilitas masyarakat kala pandemi yang terjadi di tahun 2020. Salah satu Layanan Home Service yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan adalah melakukan service 1.000 km, 5.000 km dan berkala per 10.000 hingga 20.000 km, tidak hanya itu perbaikan ringan, ganti baterai, dan ganti pelumas, tetapi juga menangani perbaikan yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 120 menit atau 2 jam.
Untuk perbaikan yang lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam, kendaraan akan dirujuk ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut. Setiap unit Home Service mampu menangani 3 hingga 4 lokasi yang berjarak sampai dengan 15 km dalam sehari, dengan didampingi oleh tim mekanik berpengalaman.
Semua layanan dan biaya yang diberikan melalui layanan Home Service sepenuhnya sama dengan daftar harga yang berlaku di bengkel resmi, tanpa penambahan biaya kunjungan. Selain itu, Suzuki juga menetapkan garansi yang sama dengan garansi di Bengkel Resmi yaitu garansi pekerjaan hingga 500 km/14 hari kerja, garansi spare parts hingga 20.000 km/1 tahun dan tidak menggugurkan garansi kendaraan 3 tahun/100.000 km selama mengikuti jadwal perawatan berkala.
Pelanggan hanya perlu mengakses website di www.suzuki.co.id dan melakukan booking di laman “Service Mobil”.
“Untuk biaya service kunjungan ke rumah dikenakan Rp. 250.000 namun ini juga tergantung wilayah, sehingga bisa juga lebih murah” tutup Hariadi.(isn)