26 February 2024

Temu media jelang LFN HP 969 Road Race Championship di Palugada Motorsport, di paro pekan ini. (SH.ID/Nonnie Rering),

SinarHarapan.id – Sukses menggelar putaran pertama di Purwokerto, ajang balap LFN HP969 Road Race Championship siap menggelar grand final, Sabtu-Minggu (30-31/12/2023) di Sentul Karting & Motorcycle Circuit. Balapan setingkat Kejuaraan Nasional ini akan mempertandingkan 10 kelas yang terdiri dari enam kelas utama dan empat kelas pendukung berhadiah total Rp 1 Miliar.

Event balap ini dinisiasi oleh H.Putra Rizky Bustamawan, seorang pengusaha yang juga penggemar motorsport sejati dari sepeda motor hingga mobil. Kepeduliannya terhadap olahraga balap nasional turut mendorongnya ikut membuat tim sendiri untuk berkiprah hingga event internasional dengan merekrut talenta-talenta terbaik.

Kontribusi lain terhadap prestasi dan apresiasi insan balap di Indonesia adalah dengan mengadakan LFN HP969 Road Race Championship 2023 sebanyak dua putaran.

“Event ini bagian dari upaya kami dalam mewadahi bakat dan sebagai ajang prestasi untuk para pembalap motor di Indonesia sekaligus bentuk apresiasi terhadap mereka di akhir tahun. Bila sebelumnya diadakan di sirkuit non-permanen GOR Satria Purwokerto, maka untuk Grand Final ini kita selenggarakan di sirkuit permanen Sentul Karting untuk mengukur kemampuannya dalam memperebutkan total hadiah Rp 1 Miliar berdasarkan total poin dari putaran sebelumnya. Kita ingin memberikan reward terhadap perjuangan para pembalap, mekanik dan tim di sepanjang tahun ini dengan menyediakan hadiah setimpal,”ujar pengusaha dengan bendera Lintas Fortuna Nusantara ini di acara press conference Grand Final LFN HP969 Road Race Championship, Rabu (20/12/2023).

Pada kesempatan ini H.Putra juga memperkenalkan Palugada Motorsport sebagai homebase mereka berkecimpung di dunia motorsport di Jl, Lebak Bulus 1 No. 39 Jakarta Selatan.

Di workshop ini akan menjadi pusat untuk segala kegiatan motorsport tim LFN, mulai dari balap motor dan balap mobil. H. Putra menambahkan, event ini direncanakan akan menarik sekitar 300 starter dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa pembalap top Tanah Air yang mempunyai poin dipastikan mengikuti gelaran ini untuk memperebutkan hadiah utama sebesar Rp 250 juta di kelas Expert untuk juara seri. Nama-nama seperti Aldi Satya Mahendra, Riky Ibrahim, Alfi Husni, Wahyu Nugroho, Kiki Manurung termasuk Rey Ratukore, Wawan Wello serta Fahmi Basam.

“Kita mengisi libur akhir tahun ini dengan mengadakan balapan yang bisa dinikmati semua penonton dengan aksi-aksi terbaik dari top rider Indonesia. Dan ini tentunya menimbulkan efek positif ke masyarakat sekitar untuk peningkatan ekonomi,” jelas Putra dalam temu media yang juga dihadiri Eddy Saputra selaku Anggota Komisi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat dan juga mantan pembalap roda dua, Ahmad Jayadi.

Salah satu yang akan menjadi pertarungan makin kompetitif, pada grand final ini membebaskan seluruh tim menggunakan semua jenis bahan bakar. Bekerjasama dengan IMI DKI Jakarta, event ini diselenggarakan oleh PRIDE serta didukung oleh para sponsor seperti DID, NGK, RCB, IRC, Koizumi, NHK dan TraStar. (non)

Kelas yang dipertandingkan

Kelas Utama

  1. Bebek 4 tak 150cc Expert
  2. Bebek 4 Tak 130cc (MP2 Spek Lama) Expert
  3. Bebek 2 Tak 130cc Tune Up Underbone Expert
  4. Bebek 4 Tak 150cc Novice
  5. Bebek 4 Tak 130cc (MP4 Spek Lama) Novice
  6. Bebek 2 Tak 125cc Novice

Kelas Pendukung

  1. Bebek 2 tak 116cc STD Open
  2. Sport 2Tak Tune Up 140cc Open
  3. Bebek 2Tak 125cc STD Ex-Rider
  4. Matic 130cc STD Open