SinarHarapan.id-Untuk pertama Kalinya, Honda memamerkan Honda SUV RS Concept, ini pertama kalinya di dunia pada ajang GIIAS 2022, 11 Agustus 2022.
Tampilannya juga cukup unik, pengunjung booth Honda di GIIAS 2022 dapat melihat Honda Small SUV RS yang ditampilkan di dalam sebuah box khusus dengan menggunakan livery atraktif pada bagian eksteriornya.
Model terbaru Honda ini akan menjadi model pertama Honda di segmen Small SUV dan akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat.
Mengusung logo RS, model SUV compact dari Honda ini tampil dengan karakter yang lebih sporty yang menjadi ciri khas dari lini RS Honda.
Tampilan eksterior yang sporty tersebut dipadukan dengan desain sebuah SUV dengan garis-garis tegas, grill berukuran besar dengan desain modern, desain lampu depan dan belakang yang atraktif, serta roda berukuran besar yang semakin mempertegas kesan tangguh dari mobil ini.
Sementara itu, ukurannya yang compact menjadikannya lebih fleksibel untuk jalanan urban dan suburban.
Pengunjung juga dapat memindai QR Code yang terdapat di samping display box yang mengarahkan ke sebuah situs berisi informasi lebih lanjut mengenai model ini. Situs ini secara berkala akan menampilkan berbagai gambar, informasi produk, hingga jadwal peluncuran model ini.
“Model ini akan memperkuat lini Honda di segmen SUV yang saat ini terus menjadi segmen yang berkembang paling pesat di Indonesia. Saat ini kami masih melakukan beberapa studi mengenai model ini, dan dalam waktu dekat kami akan meluncurkannya di Indonesia.” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.(11/8/2022)
Honda SUV RS Concept pertama kali diperkenalkan di ajang GIIAS 2021, dan setelah itu dibawa ke berbagai kota di Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Makassar dan Medan.
Melalui roadshow tersebut, Honda sekaligus mengumpulkan berbagai pendapat dan masukan dari konsumen untuk melakukan pengembangan model yang akan diwujudkan menjadi Small SUV RS ini.
Kehadiran model Honda di segmen Small SUV juga melengkapi lini Honda di segmen SUV yang terus menjadi fokus Honda. Saat ini, Honda sudah mempunyai lini produk mulai dari All Honda BR-V di segmen Low SUV, All New Honda HR-V di segmen medium SUV, dan Honda CR-V di segmen SUV.
Secara total, penjualan akumulatif dari ketiga produk SUV tersebut berkontribusi sebesar 53% terhadap total penjualan Honda sampai dengan bulan Juli 2022.
Sementara di pasar otomotif nasional, trend penjualan SUV terus meningkat bahkan pada tahun 2021 telah melampaui penjualan LCGC dan MPV. Kontribusi penjualan SUV di pasar otomotif juga terus meningkat, sementara pasar MPV dan LCGC cenderung stagnan. Bahkan hingga bulan Juli 2022 lalu, segmen SUV telah menjadi segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia.
Model SUV dianggap memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia saat ini antara lain karena menawarkan kelebihan seperti Ground Clearance yang lebih tinggi, mesin yang lebih bertenaga, kabin yang lebih nyaman, teknologi keamanan yang lebih canggih.