26 February 2024

SinarHarapan.id-Perpindahan ibu kota negara Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN) perlu juga diimbangi kesiapan infrastruktur.

Termasuk dalam hal pasokan listrik. PLN Icon Plus, Subholding Beyond kWh dari PLN siap hadirkan solusi Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk membangun IKN yang mengacu pada konsep kota hutan atau forest city yang hijau dan ramah lingkungan.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menyampaikan komitmen PLN Icon Plus dalam keikutsertaannya mendukung pembangunan di IKN. “Peran utama PLN Icon Plus adalah mendukung keandalan sistem kelistrikan IKN yang disediakan PLN. Di samping itu, PLN Icon Plus juga menghadirkan Solusi Smart & Solusi Green untuk mewujudkan Smart City di Ibu Kota Negara” ujar Ari Rahmat.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo pada saat mendampingi Presiden Joko Widodo (2/11) lalu di IKN, mengatakan PLN menjamin siap memberikan pasokan listrik yang terbaik untuk IKN. PLN mengusung konsep state of the art of technology, dan komitmen membangun kelistrikan IKN yang green, smart berbasis Artificial Intelligence (AI), dan beautiful.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, sistem kelistrikan di IKN ini akan menjadi sistem kelistrikan yang paling mutakhir dan akan dibanggakan oleh bangsa ini. Sistem kelistrikan IKN adalah yang terbaik di dunia,” kata Darmawan.

Melalui konsep Smart City, salah satu solusi unggulan yang ditawarkan oleh PLN Icon Plus adalah pengembangan sistem manajemen energi pintar.

Dengan memanfaatkan teknologi baru, sistem ini mampu mengoptimalkan penggunaan energi dengan cerdas, tidak hanya pada tingkat rumah tangga, tetapi juga pada tingkat bangunan dan kawasan IKN.

Hal ini akan membantu mengurangi konsumsi energi yang tidak efisien, menghemat biaya, serta mengurangi dampak lingkungan.

PLN Icon Plus juga mendukung pengembangan teknologi terdepan seperti autonomous vehicle. PLN Icon Plus percaya bahwa kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat adalah kunci dalam membangun Smart City yang sukses.

Dalam hal ini, PLN Icon Plus siap menjadi mitra yang terpercaya, menyediakan solusi teknologi inovatif, dan memastikan keberlanjutan pembangunan kota yang cerdas dan berkelanjutan.