Gaya Hidup

Pusat Audio Profesional “Harman” Resmi Hadir di Jakarta, Perkuat Penetrasi ke Pasar Lokal

×

Pusat Audio Profesional “Harman” Resmi Hadir di Jakarta, Perkuat Penetrasi ke Pasar Lokal

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id-PT Inti Megah Swara membuka Harman Professional Experience Center pertama di Indonesia.

Fasilitas ini berdiri di Desound Melawai, kawasan strategis di Jakarta Selatan. IMS menghadirkan ruang eksplorasi audio profesional berteknologi tinggi bagi berbagai kalangan industri.

Mereka merancang pusat ini untuk integrator sistem, dealer, institusi, dan pelaku profesional audio.

Beberapa zona demonstrasi tersedia, termasuk Line Array, Garden Speaker, dan Recording Studio.

Pengunjung dapat langsung menguji performa perangkat JBL, AKG, Soundcraft, dan produk Harman lainnya.

Rangkaian produk utama Harman di Desoun, Jakarta.(Doc)
Rangkaian produk utama Harman bisa didapatkan di Desound Melawai, Jakarta.(Doc)

Nick Screen dari Harman menegaskan komitmen mereka terhadap edukasi dan akses teknologi di Indonesia.(8/7/2025)

Ia menyampaikan pentingnya mendekatkan solusi audio global ke pasar lokal.

James Eric Pribadi menyebut Experience Center ini sebagai ruang kolaboratif, bukan sekadar showroom.

Athanasius Cahyo Budiono, Sales Director, PT Into Megah Swara mengatakan, potensi pasar Harman Profesional terbagi dalam tiga segmen paling potensial, yakni Instalasi permanen (misalnya di rumah ibadah, gedung pertemuan, dll), Portable Sound System (oleh perusahaan rental skala menengah dan Lighting dan Touring System (seperti ring washer untuk panggung).

Athanasius Cahyo Budiono, Sales Director, PT Into Megah Swara memaparkan strategi dan bisnis IMS dan pusat Audio Harman di Jakarta.(Doc)
Athanasius Cahyo Budiono, Sales Director, PT Into Megah Swara memaparkan strategi dan bisnis IMS dan pusat Audio Harman di Jakarta.(Doc)

Saat ini, instalasi menyumbang porsi terbesar dalam bisnis Harman profesional di Indonesia. Meski touring juga berpotensi besar, nilainya masih di bawah instalasi untuk saat ini, imbuh Athanasius.

Harman adalah bagian dari Samsung Group, sejak pada 2017 karena teknologinya yang mumpuni di sektor audio otomotif.

Banyak produsen mobil ternama menggunakan Harman Kardon untuk sistem speaker dan head unit.

Segmen otomotif memiliki potensi pasar jauh lebih besar ketimbang profesional, ujar Athanasius lagi.

Saat ini Harman fokus di Jakarta, namun terbuka peluang ekspansi ke wilayah lain, termasuk Indonesia Timur seperti Bali atau Makassar.

Namun, tantangan seperti logistik dan konektivitas antar-pulau menjadi pertimbangan utama dalam ekspansi tersebut, pungkas Athanasius.