26 February 2024

SinarHarapan.id-Diperlukan penguatan konsolidasi dan rekonsiliasai di tubuh internal Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) secara menyeluruh.

Karenanya AAI menggelar Rapat Pimpinan Nasional & Rapat Kerja Nasional selama dua hari di Jakarta.

Acara yang berlangsung selama dua hari (11-12 Desember 2023) ini diselenggarakan di Hotel Arya Duta Menteng, Jakarta.

Arman Hanis, S.H., Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan, “Rapat Pimpinan Nasional ini adalah kesempatan emas untuk membahas berbagai hal penting bersama-sama. Kita akan berdiskusi mengenai strategi untuk mengatasi perpecahan yang terjadi, merumuskan langkah-langkah yang akan kita ambil berkaitan perkara kita di PTUN, dan membangun fondasi yang kokoh untuk menyatukan kembali AAI ke depannya.”(11/12/2023)

Arman Hanis, S.H., Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia secara resmi membuka Rakernas dan Rapimnas AAI 2023 di Jakarta.(RedI)
Arman Hanis, S.H., Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia secara resmi membuka Rakernas dan Rapimnas AAI 2023 di Jakarta.(RedI)

Arman menambahkan, kami target akhir 2024 mendatang sudah ada titik terang dan ketiga kubu di AAI akan kembali menyatu.

Kami telah menyiapkan tim khusus untuk menyelesaikan masalah ini, agar semua pihak bisa terlibat dan bersinergi untuk AAI, ujar Arman lagi.

Sementara mengenai Rapat Kerja Nasional, Arman menyampaikan bahwa akan dilakukan pemaparan mengenai kinerja dan pencapaian Dewan Pimpinan Pusat AAI selama satu tahun terakhir. Selain itu juga akan dilakukan pembahasan langkah-langkah AAI ke depannya dengan
melibatkan seluruh elemen organisasi, baik dari Dewan Pimpinan Pusat sampai dengan Dewan Pimpinan Cabang di seluruh Indonesia.

“Kita menjalankan tugas dan tanggung jawab kita tidak hanya sebagai advokat, akan tetapi juga sebagai tonggak kepemimpinan di AAI dengan penuh semangat dan dedikasi. Kita sebagai advokat adalah garda terdepan dalam menjaga keadilan dan hukum di negeri ini. Kita sebagai pemimpin dan anggota di AAI adalah garda pemersatu dan penjaga kebersamaan di dalam AAI,” ujar Arman Hanis di akhir sambutan.

Mengangkat tema “Merajut Kembali Kemesraan AAI Demi Tegaknya Organisasi Advokat Modern Penjaga Negara Hukum” Rapat Pimpinan Nasional AAI 2023 dilangsungkan.

Sexio Yuni Noor Sidqi, S.H., M.H., selaku Ketua Pelaksana Rapat Pimpinan Nasional 2023, mengungkapkan, “Memasuki usia 33 tahun, AAI harus terus merevitalisasi dirinya untuk menjadi organisasi advokat yang modern & maju, kunci dari sebuah kemajuan organisasi adalah konsolidasi & regenerasi, semoga kita semua yang hadir dalam Rapimnas AAI 2023 ini bisa menjadi bagian yang terus berkontribusi untuk rekonsiliasi, kemajuan & kejayaan AAI.

“Sebagai anak kandung AAI, yang lahir dari rahim AAI tentu mengenal nilai-nilai Egaliter, Kekeluargaan, & Kesempatan, dimana hanya di AAI kita yang muda dirangkul, diakomodir & bahkan diberikan kesempatan untuk maju, di AAI itu yang muda berkarya disokong para seniornya, Kami rindu nilai-nilai tersebut bergema & bergemuruh kembali di seluruh cabang-cabang AAI di Indonesia,” lanjut Sexio Yuni.

Kegiatan di hari berikutnya diisi dengan Rapat Kerja Nasional AAI yang mengangkat tema “Menguatkan Kembali Peran AAI Sebagai Penjaga Marwah Negara Hukum, Konstitusi dan Demokrasi”.

Pada kesempatan ini, Danny Apeles Deeng, S.H. selaku Ketua Pelaksana Rapat Pimpinan Nasional 2023, menyampaikan penjelasan tentang pelaksanaan Rapat Kerja Nasional AAI yang digelar berbarengan dengan Rapat Pimpinan Nasional AAI. Danny menjelaskan bahwa, Rapat Kerja Nasional AAI tidak dijadikan satu dengan Rapat Pimpinan Nasional AAI karena secara organisasi AAI Rapat Kerja Nasional AAI dan Rapat Pimpinan Nasional AAI adalah rapat yang berbeda yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Peraturan Rumah Tangga AAI.

Kedua rapat ini digelar berdekatan karena kondisi dan situasi bangsa dan negara yang sedang memasuki tahun politik sampai dengan akhir tahun 2024 dan juga memperhatikan efisiensi waktu dan biaya pelaksanaan baik dari panitia pelaksanaan maupun peserta yang adalah pimpinan dan anggota AAI yang berasal dari daerah.

Rakernas AAI tahun 2023 ini dihadiri oleh peserta dari :
1.DPP AAI
2.Dewan Kehormatan AAI
3.Dewan Penasehat AAI
4.Komisi Pengawas AAI
5.DPD dan Korwil AAI
6.42 DPC AAI.