Ekonomi

Sukses di Marketplace, Simba Cereal Raih Brand Choice Award

×

Sukses di Marketplace, Simba Cereal Raih Brand Choice Award

Sebarkan artikel ini

Produknya sukses besar dengan laris terjual lebih dari 123.000 transaksi melalui official store di dua marketplace teratas.

Simba Cereal mendapatkan Brand Choice Award 2025

SinarHarapan.id – Sereal telah menjadi salah satu makanan wajib yang dikonsumsi sebagai sarapan atau makanan ringan. Makanan ini biasanya disajikan dengan susu, air, atau yogurt, tetapi juga bisa dimakan langsung, cocok dijadikan sarapan.

Dari berbagai merek sereal yang ada di pasaran, Simba menjadi pilihan konsumen, karena menawarkan rasa yang enak dengan kandungan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin, dan serat.

Hadir di marketplace, produknya sukses besar dengan laris terjual lebih dari 123.000 transaksi melalui official store di dua marketplace teratas. Kepuasan konsumen akan produknya juga dapat dilihat dari 48 ribu lebih ulasan, dengan rating rata-rata 4,95.

Berkat catatan tersebut, Simba mendapatkan Brand Choice Award 2025 untuk kategori Cereal. Brand Choice Award merupakan penghargaan bergengsi diberikan kepada brand-brand nasional maupun internasional yang sukses memasarkan produk mereka melalui marketplace dan telah terbukti menjadi pilihan favorit konsumen di Indonesia.

Dihadirkan oleh Infobrand.id sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand.

Arini Indraprasta, Junior Brand Manajer Simba mengatakan, Simba hadir sejak tahun 1997 dan telah menjadi salah satu produsen terbesar dalam kategori sereal dan snack di Indonesia.

Pabrik Simba yang berlokasi di Gunung Putri Jawa Barat telah tersertifikasi ISO 22000, HACCP, dan Halal. Saat ini Simba berada dalam naungan PT Combiphar setelah resmi di akuisisi pada tahun 2021.

“Simba memiliki produk sereal Simba Choco Chips dengan variant rasa Cokelat dan Strawberry, Simba Sereal 2in1 Cokelat dan Strawberry, Simba Magic Rainbow dengan variant rasa buah. Simba juga memiliki produk snack yaitu Simba Makura,” ungkap Arini.

Dibanding merek lain, produk Simba unggul karena menggabungkan rasa yang disukai anak dengan kandungan gizi yang disetujui oleh para ibu. Dengan tekstur renyah, warna dan bentuk menarik, serta varian rasa yang disukai anak, Simba menjadikan sarapan sebagai momen yang menyenangkan.

Ibu pun merasa tenang karena produk ini enak, bernutrisi, praktis, dan terjangkau, sehingga cocok untuk gaya hidup modern yang serba cepat. Simba juga mendukung pertumbuhan anak agar tetap aktif, fokus, dan sehat setiap hari.

“Inilah yang menjadikan Simba layak meraih Brand Choice Award 2025 sebagai sereal pilihan keluarga Indonesia,” ujar Arini.

Lebih lanjut Arini menjelaskan, Simba mulai memanfaatkan marketplace sebagai salah satu channel penjualan sejak 2020, seiring dengan perubahan perilaku belanja konsumen yang semakin digital.

Selain untuk memperluas jangkauan distribusi, tujuan Simba di marketplace juga bertujuan untuk membangun brand presence yang lebih kuat, mendekatkan diri dengan konsumen, serta mendapatkan insight langsung dari review dan preferensi pelanggan.

Dengan adanya marketplace, kami bisa memastikan produk Simba lebih mudah diakses oleh para ibu yang mencari solusi praktis dan sehat untuk keluarga.

Untuk membangun brand awareness di marketplace, Simba melakukan kampanye digital yang relevan dengan target pasar, menggunakan banner placement, promo bundling, kolaborasi dengan KOL, serta pemanfaatan fitur iklan dan pencarian berbayar agar brand Simba lebih terlihat di halaman utama marketplace.

Selain itu untuk mendongkrak penjualan, Simba juga aktif mengikuti program flash sale, campaign tematik (seperti Harbolnas, Payday, dan promo Back to School), menyediakan promo eksklusif, dan memastikan stok serta varian selalu tersedia.

“Kami secara rutin memantau ulasan konsumen untuk mengetahui feedback terhadap rasa dan kualitas kemasan. Ulasan positif kami jadikan materi promosi, sementara masukan yang membangun menjadi dasar perbaikan produk atau komunikasi ke depan agar semakin relevan dengan kebutuhan konsumen,” jelas Arini.

Tidak cukup sampai di situ, Simba juga aktif membangun brand engagement melalui media sosial dengan konten yang edukatif dan inspiratif, terutama seputar peran ibu, nutrisi anak, dan gaya hidup aktif.

Selain itu, Simba juga memperkuat brand credibility, seperti yang pernah Simba lakukan di Pekan Sarapan Nasional 2025 untuk mendapatkan rekor MURI “Sarapan Sereal dengan Peserta Terbanyak” bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Simba turut menggandeng parenting influencer dan KOL untuk memperluas jangkauan pesan brand secara lebih personal dan autentik.

“Kami secara rutin mengadakan edukasi tentang sarapan yang tepat dan sehat melalui program seperti Simba Goes to School dan Pekan Sarapan Nasional,” kata Arini.

“Kami juga berpartisipasi dalam kegiatan olahraga melalui strategic sponsorship bersama klub basket Rans Simba Bogor (RSB), sebagai upaya membangun koneksi emosional dengan anak-anak dan orang tua secara langsung, sekaligus memperkuat brand image Simba sebagai sereal anak yang mendukung tumbuh kembang,” katanya.

Seluruh aktivitas ini sejalan dengan visi dan misi Combiphar, yaitu Championing A Healthy Tomorrow, yang berfokus pada peningkatan kesehatan jangka panjang,” tutup Arini.