SinarHarapan.id-15 Tahun Tokopedia turut membangun perekonomian Indonesia dengan memberikan pengalaman jual beli secara digital.
Banyak torehan yang telah diraih Tokopedia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal.
Bersamaan dengan perayaan hari jadinya di bulan Agustus ini, Tokopedia menggelar Festival Beli Lokal. Upaya ini sekaligus memberikan panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal.
Festival Beli Lokal berlangsung 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.
“UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan,” kata President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.(24/8/2024)
Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat. “Hal ini melatarbelakangi kami mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi. Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab,” jelas Melissa. Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.
Tokopedia dan ShopTokopedia di sisi lain melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan. Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal. Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan; 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia.
“Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia maupun ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia, seperti Jacquelle, Kintakun, THENBLANK, ZM Zaskia Mecca, Batik Pandansari, Kopi Serambi, dan merek lokal lainnya,” urai Melissa.
Selanjutnya Melissa mengatakan, “Pada skala nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%. Untuk mendorong peran signifikan UMKM lokal terhadap perekonomian Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam insiatif termasuk edukasi.”
“Selain melakukan beragam upaya edukasi, Tokopedia dan ShopTokopedia juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendorong kemajuan UMKM, dan membuat produk dari UMKM lokal makin menjadi pilihan masyarakat Indonesia,” jelas Melissa.
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, yaitu: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 9 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023)
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, yaitu: Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan. Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3,5 kali lipat. (Sumber: ShopTokopedia, Mei 2024 dibandingkan Januari 2024).