SinarHarapan.id-New Suzuki XL7 Hybrid telah resmi meluncur ke pasar Indonesia sejak 23 Juni 2023 lalu.
Salah satu yang menarik untuk dicoba dan dirasakan adalah Hybrid yang utama adalah penggunaan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada mesinnya.
Apalagi pembahasan mengenai teknologi SHVS baru dibahas lebih dalam lagi beberapa hari lalu pada sesi khusus di tengah gelaran GIIAS 2023.
New Suzuki XL7 Hybrid memadukan baterai lithium-ion dengan Integrated Starter Generator (ISG) pada mesin K15B. Ada tiga hal penting yang menjadi perhatian, yakni : acceleration assist, regenerative braking dan engine auto start-stop. Ketiganya akan memberikan gambaran akhir mengenai konsumsi bahan bakar. Ketimbang model tanpa teknologi SHVS.
“Untuk mengoptimalkannya, layar MID bisa dimanfaatkan untuk memantau seberapa efisien pengendaraan kita”, ujar Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales beberapa hari lalu.
Acceleration assist memberi bantuan akselerasi, berupa energi listrik kepada ISG untuk fungsi motor ke mesin. Sistem bakal menentukan kalau kendaraan butuh dorongan ekstra biar putaran mesin lebih terasa ringan. Paling terasa saat akselerasi awal.
Pada test drive singkat di sekitaran wilayah Serpong ini, beberapa kali kami menghadapi kemacetan di sekitaran wilayah Serpong ini.
Pada momen inilah kami merasakan kinerja fitur Engine Auto Start-Stop.
Saat pedal rem diinjak dan mobil berhenti total, mesin pun mati secara seketika.
Di sini mesin akan memberikan sedikit tekanan. Untuk menghidupkannya kembali, pedal rem pun hanya perlu dilepas dan mesin langsung menyala sangat halus.
Sementara untuk Cruise Control, menurut kami belum yang adaptive. Namun tetap mumpuni dan terjangkau dari segi harga dibandingkan para kompetitornya.
Teknologi SHVS dengan dukungan ISG dan Regenerative Brake berhasil memberikan kesan yang sangat positif pada XL7 Hybrid.
Dengan teknologi mild hybrid, membuat XL7 dan mobil-mobil Suzuki lainnya menjadi lebih irit BBM.
Bagi kami, yang amat menarik tentu saja fitur E Mirror yang hadir eksklusif di varian tipe tertinggi Alpha. Versi pada XL7 Hybrid lebih disempurnakan. Pengaturannya menjadi layar sentuh yang lebih praktis. Hasil dari kameranya juga jernih, meski digunakan pada malam hari.
E Mirror pada XL7 Alpha merupakan kaca spion tengah dengan tampilan digital, hasil tangkapan kamera di belakang. Selain kamera di belakang, E Mirror juga bisa menampilkan tangkapan kamera depan. Kini, kedua tangkapan bisa ditampilkan bersamaan melalui split screen. Layar terbagi dua, kiri dan kanan yang menampilkan tangkapan kamera masing-masing. Fitur ini juga memberi fungsi perekaman dash cam yang saat ini kian dibutuhkan. Menggunakan microSD, sudah termasuk dalam pembelian, sebagai penyimpanan rekaman.
Perawatan mobil Suzuki Hybrid mudah dan terbilang terjangkau secara biaya untuk perawatan rutinnya, pungkas Hariadi.
Dengan teknologi mild hybrid, membuat XL7 dan mobil-mobil Suzuki lainnya menjadi lebih irit BBM.(isn)