Ekonomi

BCA Life Tingkatkan Literasi Keuangan di Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2024

×

BCA Life Tingkatkan Literasi Keuangan di Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2024

Sebarkan artikel ini

Sebagai bentuk kontribusi nyata, BCA Life mengadakan kegiatan literasi keuangan dan asuransi bagi masyarakat umum.

SinarHarapan.id – PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), memperkuat komitmennya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Sebagai bentuk kontribusi nyata, BCA Life mengadakan kegiatan literasi keuangan dan asuransi bagi masyarakat umum di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bertujuan untuk mempercepat peningkatan inklusi keuangan nasional.

Data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2023 yang dirilis oleh OJK menunjukkan bahwa indeks inklusi keuangan Indonesia mencapai 85,10% pada tahun 2023, mengalami peningkatan stabil berkat berbagai program digitalisasi layanan di berbagai sektor.

Meski demikian, tantangan seperti pemerataan pemahaman produk keuangan, terutama di kalangan masyarakat prioritas seperti pelajar, nelayan, karyawan, profesional, petani, penyandang disabilitas, pelaku UMKM, komunitas perempuan, ibu rumah tangga, dan Masyarakat 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), masih memerlukan perhatian lebih.

Pemerintah menargetkan peningkatan indeks ini mencapai 90% pada akhir 2024, dengan berbagai inisiatif yang terus dioptimalkan.

Literasi Keuangan

Selama dua tahun berturut-turut, BCA Life telah menyelenggarakan seminar literasi keuangan dan asuransi kepada ribuan pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Tahun ini, BCA Life memperluas jangkauan edukasi kepada masyarakat umum, khususnya segmen prioritas perempuan dan ibu rumah tangga, dengan menyelenggarakan Festival Bulan Inklusi Keuangan BCA Life bertajuk “Badan Sehat, Keuangan Sehat, Masa Depan Terjaga.

” Festival ini menawarkan berbagai acara, seperti olahraga bersama, pemeriksaan kesehatan (Mini Medical Check-Up), program inklusi asuransi jiwa, dan talkshow tentang manajemen keuangan keluarga serta persiapan hari tua yang menghadirkan praktisi industri keuangan sebagai pembicara.

Sukawati Lubis, Direktur Kepatuhan & Chief Compliance Officer (CCO) BCA Life, menyampaikan, “Sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), BCA Life memiliki tanggung jawab untuk memperluas edukasi yang komprehensif mengenai pentingnya literasi dan inklusi keuangan serta asuransi.

Kami berkomitmen memberikan pengetahuan yang dibutuhkan, khususnya bagi perempuan dan ibu rumah tangga, agar lebih memahami pentingnya perencanaan keuangan dan perlindungan keluarga.

Dengan memperbarui pemahaman terkait pengelolaan keuangan dan manfaat asuransi, kami berharap masyarakat dapat mengambil langkah proaktif dalam menjaga keamanan finansial keluarga mereka di masa depan.

Literasi keuangan bukan sekadar angka, tetapi upaya memberdayakan individu agar dapat membuat keputusan yang cerdas dan berkelanjutan untuk kesejahteraan hidup mereka,” ujarnya.

BCA Life memandang bahwa asuransi memiliki peran krusial dalam perencanaan keuangan jangka panjang, terutama dalam mengantisipasi berbagai risiko kehidupan yang tak terduga.

Edukasi Inklusif

Melalui kegiatan ini, BCA Life memberikan edukasi inklusif mengenai pentingnya memiliki perlindungan asuransi dan bagaimana produk asuransi dapat membantu memitigasi risiko finansial. Kegiatan literasi ini menyasar berbagai segmen masyarakat, termasuk ibu rumah tangga, pelaku usaha kecil, dan generasi muda.

Dengan pendekatan edukasi interaktif, BCA Life berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan yang bijaksana dan pemanfaatan produk keuangan yang tepat, termasuk asuransi jiwa.

Sepanjang tahun 2024, BCA Life telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung pemerintah dalam mengakselerasi inklusi dan literasi keuangan yang ditargetkan mencapai 90% pada akhir tahun.

Kegiatan ini mencakup promosi perusahaan, acara olahraga, pameran, pemeriksaan kesehatan gratis, dan seminar baik offline maupun online. Selain itu, BCA Life aktif menyebarkan konten edukatif melalui media sosial resmi seperti YouTube, Instagram, dan artikel di situs web perusahaan.

BCA Life berkomitmen penuh mendukung program strategis yang digagas oleh OJK, dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan nasional.