SinarHarapan.id – Kemampuan mengelola keuangan perlu diajarkan sejak dini guna menciptakan kebiasaan dan karakter yang baik. Dengan memulai pembelajaran sejak dini nantinya kemampuan tersebut menjadi bagian alami dari pemikiran sehingga membantu mereka dalam membuat keputusan finansial yang bijak agar dapat menjadi seseorang dengan pribadi yang bertanggung jawab. Berupaya mewujudkan masyarakat yang well literate mengenai finansial sejak dini, Garda Oto, asuransi mobil dari Asuransi Astra kembali menyelenggarakan kelas Field Trip yang kali ini berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya yakni Daihatsu dan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bakti Astra pada Field Trip GIIAS Tour with Astra Group di perhelatan pameran otomotif GIIAS, ICE BSD, Tangerang (26/7).
Field Trip adalah kelas mengenai literasi keuangan yakni pengelolaan keuangan yang baik dengan melindungi aset dan diri sendiri, yang diselenggarakan oleh Asuransi Astra, yang juga menjadi salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap peningkatan angka literasi keuangan di Indonesia sesuai dengan arahan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kelas ini dikhususkan bagi anak-anak dengan rentang usia 4 hingga 10 tahun dan dibuka untuk umum. Juga dihadiri oleh para orang tua, melalui literasi keuangan ini Asuransi Astra berharap keluarga muda yang menjadi peserta dapat memahami urgensi melakukan manajemen keuangan sehingga dapat menjadi contoh atau figur serta dapat menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung untuk sang buah hati dalam membentuk perilaku, pemahaman hingga kebiasaan yang bijak.
Kegiatan ini diawali dengan sesi literasi keuangan yang disampaikan oleh Head of PR & Activation Asuransi Astra, Angela Anindita. Materi dibuat menarik dan seinteraktif mungkin agar lebih mudah dipahami oleh anak-anak, seperti melalui permainan edukatif, kegiatan kreatif menari dan menyanyi. Dalam proses ini, Angela mulai memperkenalkan berbagai jenis produk keuangan secara sederhana. Tujuannya adalah agar anak-anak mengenal beragam alat yang dapat membantu mereka mengatur keuangan secara bijak di masa depan. Salah satu topik yang diperkenalkan adalah pentingnya memiliki asuransi sebagai bentuk perlindungan dari berbagai risiko dan potensi kerugian, sehingga mereka dapat membuat keputusan keuangan yang lebih tepat di setiap tahap kehidupan.
Penyelenggaraan kelas Field Trip di GIIAS turut dilengkapi dengan tur keliling pameran, salah satunya booth Daihatsu di Hall 7. Di booth, anak-anak diperkenalkan dengan karakter spesial berbentuk kucing unik dan lucu bernama Miyu Chan (Mobility Inspired bY yoU) yang merepresentasikan komitmen Daihatsu yang ingin membawa kebahagiaan dan menginspirasi masyarakat indonesia, khususnya pembeli pertama. Pengenalan karakter melalui sesi kreativitas membuat gantungan kunci berbentuk Miyu Chan yang terbuat dari perler beads. Karakter lucu ini hadir di beberapa titik yang akan menambah keseruan pengunjung selama mengeksplorasi booth Daihatsu, serta tersedia dalam bentuk merchandise menarik yang bisa didapatkan di official merchandise Daihatsu selama GIIAS 2025, salah satunya adalah exclusive blind box.
Tidak berhenti di situ, bersama Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bakti Astra, anak-anak diberikan kegiatan kreatif merakit kertas menjadi bentuk hewan yang dipandu oleh papercraft expert Ichinogami yang juga merupakan salah satu UMKM binaan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra. Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi booth Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra yang terletak di Prefunction Hall 1B. Di sini, anak-anak diperkenalkan berbagai produk hasil buatan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) binaan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bakti Astra, khususnya dari sektor manufaktur yang saat ini sudah mampu memproduksi komponen-komponen motor dan mobil, serta bagaimana UMKM dapat membantu pertumbuhan bangsa Indonesia selama ini.
Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, kelas Field Trip pun menghadirkan kunjungan ke mainbooth Garda Oto yang berada di Hall 10 untuk melihat dan foto bersama armada Garda Siaga serta mendapatkan penjelasan mengenai proses hingga peran dan fungsi layanan Garda Siaga. Sesi ini mempertebal manfaat dan fungsi asuransi yang siap melind
“Anak-anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu dan belajar dengan cepat. Ketika literasi keuangan diperkenalkan sejak dini, bahkan dengan cara yang sederhana, hal itu akan membangun fondasi bagi kebiasaan yang akan bertahan seumur hidup. Melalui kelas Field Trip yang tidak hanya berfokus pada literasi keuangan, tetapi juga menggabungkan edukasi otomotif dan pengembangan kreativitas, kami berharap kegiatan ini mampu menjadi stimulan yang berarti dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab, kemandirian, dan percaya diri sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter,” Tutur Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.