SinarHarapan.id-BMW Indonesia bersama salah satu diler resminya, BMW Eurokars resmikan BMW Eurokars Kebon Jeruk yang kini telah mengusung konsep Retail.Next dan berikan tampilan yang mewah dan eksklusif di wilayah Jakarta Barat.
Retail.Next adalah inisiatif strategis BMW Group, lintas fungsi, dan berskala global yang bertujuan untuk berikan pengalaman pelanggan premium terbaik di kelasnya.
Dalam kata sambutannya, Lars Nielsen, Managing Director BMW Group Asia, mengatakan, “Showroom Retail.Next adalah simbol inovasi, yang menunjukkan dedikasi kami terhadap Sustainability (keberlanjutan) dan mobilitas masa depan tanpa mengesampingkan kesenangan berkendara khas BMW. Dirancang untuk memberikan pengalaman yang benar-benar baru dan holistik bagi pelanggan dalam setiap perjalanan pembelian._
Lars kemudian melanjutkan, “Melalui konsep Retail.Next, BMW Indonesia hadirkan tiga faktor utama pendorong kesuksesan dan transformasi brand BMW dan MINI dalam perjalanan pelanggan dalam pembelian kendaraan BMW yang menggabungkan pengalaman online dan offline secara ideal. Yang pertama adalah Digitalisasi, pengalaman digital memiliki pengaruh yang sangat besar dan mengubah keseluruhan perjalanan pelanggan, digabungkan dengan komponen emosional. Yang kedua, penjualan dapat terjadi secara langsung di showroom maupun secara online, dimana sebelumnya showroom menjadi titik pertama untuk pelanggan melakukan pembelian. Fokus utama dari konsep Retail.Next adalah untuk memenuhi permintaan/kebutuhan pelanggan yang spesifik dan hasilkan loyalitas terhadap brand. Yang ketiga, pelanggan mencari pengalaman yang menarik yang sesuai dengan kepribadiannya.”
Herbert Kwee, CEO of Eurokars Group Indonesia turut berikan kata sambutannya, “Setelah melalui proses renovasi selama 8 bulan, showroom kami kini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan modern, siap melayani seluruh pelanggan dan calon pelanggan BMW di Jakarta Barat dan sekitarnya. Kami memahami bahwa waktu pelanggan sangat berharga, oleh karena itu, konsep Retail.Next dirancang untuk memfasilitasi pengalaman yang lebih fokus pada pelanggan. Mulai dari konsultasi, proses pembelian, hingga pengantaran kendaraan yang dibuat sesuai kebutuhan dan preferensi pelanggan, semua dijalankan dengan lebih efisien.”
Dengan konsep terbaru BMW dan transfer ilmu serta berbagai pelatihan dari BMW AG, berikut beberapa touch point pembelian yang diperhatikan dan ditingkatkan secara signifikan dengan hadirnya konsep BMW Retail.Next:
VIP Experience. Dari awal memasuki diler BMW yang sudah mengusung konsep BMW Retail.Next, pelanggan akan mendapatkan pelayanan VIP dan membuat kunjungan berkesan dan nyaman.
Pengalaman Digital In-Store. Era digitalisasi sangat diperhatikan di konsep Retail.Next. Mulai dari membuat janji secara online, saat datang ke diler pun pengalaman digital sangat terlihat. Banyaknya layar digital yang kontennya sangat diintegrasikan dengan kehadiran BMW Genius dan BMW Business Consultant di tempat membuat pengalaman digital menjadi menyeluruh bagi seluruh pelanggan.
EVE: Emotional Virtual Experience.
Diler BMW dan MINI yang sudah mengusung konsep Retail.Next, dilengkapi dengan EVE, sebuah perangkat lunak untuk memvisualisasikan kendaraan BMW dan MINI.
Test Drive: Momen Legendaris.
Setelah visualisasi dengan seperangkat alat digital seperti EVE, pada akhirnya momen legendaris dari sebuah keputusan pembelian kendaraan oleh pelanggan adalah dengan mencoba kendaraan impian secara langsung. Kembali ke inti utama dari brand BMW yaitu JOY dan Sheer Driving Pleasure. Proses dibuat seamless dan senyaman mungkin di mana pelanggan dapat bertanya apa saja kepada BMW Genius ataupun BMW Business Consultant.
Tailor Made Delivery dan Handover Kendaraan: BMW Anda, Diantar Sesuai Keinginan Anda.
Dengan menyediakan pengiriman kendaraan yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan, konsep Retail.Next memungkinkan diler BMW untuk menawarkan serah terima kendaraan yang fleksibel dan dapat disesuaikan pada waktu dan tempat yang mereka inginkan – membentuk pengalaman serah terima yang bersifat individual dan berkesan.
Selain itu, BMW Business Consultant yang melakukan serah terima siap untuk membagikan informasi yang relevan dan disesuaikan tentang fitur dan fungsi kendaraan secara langsung selama atau setelah serah terima fisik, secara digital. Di diler BMW yang sudah mengusung konsep Retail.Next disiapkan tempat serah terima multifungsi khusus untuk berbagai kasus yang dirancang dan dihubungkan kendaraan yang secara fisik ada di lokasi dan alat digital dengan konten khusus untuk menciptakan pengalaman mendalam bagi pelanggan. Di sinilah BMW mengintegrasikan desain premium dan elemen marketing modern ke dalam keseluruhan tampilan kendaraan BMW.
Tetap Terkoneksi setelah Serah Terima Kendaraan.
Dengan tawarkan janji follow-up. yang nyaman dan individual untuk setiap pelanggan, BMW/MINI Business Consultant dapat menjelaskan fitur-fitur baru dan memberikan tip dan trik untuk memaksimalkan Sheer Driving Pleasure bagi tiap pelanggan. Serah terima yang premium kami pastikan konsisten dan berkelanjutan setelah pengiriman. Hal ini mendorong afiliasi dan keterlibatan pelanggan jangka panjang dengan brand BMW dan MINI.
Aspek Keberlanjutan (Sustainability).
Dengan konsep Retail.Next, setiap detail dari showroom dirancang dengan cermat untuk memberikan pengalaman mewah yang tak terlupakan bagi seluruh pelanggan. Aspek yang sangat diperhatikan oleh BMW salah satunya adalah Sustainability, dengan pemilihan material yang meminimalkan dampak terhadap lingkungan serta tata letak yang ergonomis hingga pencahayaan yang disesuaikan, kami menjamin kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam setiap kunjungan. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman mewah yang tak terlupakan bagi pelanggan, sambil memastikan bahwa setiap langkah yang kami ambil juga menjaga keberlanjutan lingkungan untuk generasi mendatang.
Certified BMW i Dealership yang Dilengkapi 1 Unit Charging Station.
BMW Eurokars Kebon Jeruk merupakan salah satu Certified BMW i Dealership yang menangani penjualan dan servis rangkaian kendaraan BMW i sangat memahami kebutuhan mobilitas yang berkelanjutan. Oleh karena itu, BMW Eurokars Kebon Jeruk menyediakan 1 unit electric charging station untuk memudahkan pelanggan mengisi ulang daya kendaraan listrik BMW secara nyaman.(isn)