SinarHarapan.id –  PT Homeco Victoria Makmur Tbk (“LIVE”) atau Homeco Living, pemimpin dalam penyediaan produk perlengkapan rumah tangga berkualitas tinggi dan inovatif di Indonesia, berhasil mencatatkan laba dua digit hingga kuartal II/2024. Perusahaan pun optimis akan mencapai target pertumbuhan yang telah ditetapkan hingga akhir tahun ini.

Direktur Utama Homeco Living, Ellies Kiswoto, menyatakan bahwa hingga paruh kedua tahun 2024, kinerja perusahaan menunjukkan pertumbuhan yang baik. Pada Juni 2024, LIVE mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 21,31% menjadi Rp125,65 miliar, meningkat dari Rp103,58 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Sejalan dengan pertumbuhan pendapatan tersebut, LIVE juga mencatatkan kenaikan laba sebesar 54,39% menjadi Rp19,77 miliar, dibandingkan Rp12,80 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Semester I/2024 telah kami lalui dengan baik, dan hasilnya sesuai dengan target. Meski demikian, seperti pada periode-periode sebelumnya, musim akhir tahun umumnya menjadi momentum kami untuk lebih mendorong pertumbuhan, terutama dengan adanya berbagai kegiatan seperti pameran dan musim liburan. Kami yakin bahwa pertumbuhan dua digit masih dapat kami pertahankan ke depannya,” ujar Ellies dalam konferensi pers di acara IHLS 2024, Rabu (2/10/2024).

Ellies menambahkan bahwa perusahaan saat ini berpartisipasi dalam pameran terbesar produk rumah tangga di Indonesia, Inspired Home and Living Show (IHLS) 2024. Homeco Living menghadirkan sejumlah merek andalan yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti Le Cuisine, Onepr1ce, Wiggle, Unitei, Scandic, KNTG, Teqnocook, BerlingerHaus, Bergner, Masterpro, Berndes, Moneta, San Ignacio, Blaumann, Metaltex, Portofino, HOV, Moriihome, KEI, Kinsto, dan Houszn.

Melalui anak perusahaannya, Technoplast, Homeco Living juga menghadirkan merek T+Active untuk produk tempat minum, serta Big Block dan KLEN, yang telah dikenal oleh masyarakat. Berbagai inovasi baru akan diluncurkan untuk produk-produk ini selama IHLS Expo.

Tidak hanya itu, dalam ajang IHLS 2024, perusahaan akan merilis dua merek baru, yakni Mamoo, yang dirancang untuk kebutuhan ibu dan anak, serta Oliveo, yang akan menyediakan berbagai produk untuk kenyamanan tidur konsumen.

Ellies menekankan bahwa pameran seperti IHLS 2024 menjadi momen penting bagi perusahaan dalam meningkatkan penjualan menjelang akhir tahun, seiring dengan periode liburan akhir tahun dan Natal-Tahun Baru. Selain itu, pada awal tahun ini, perusahaan telah melakukan aksi korporasi melalui penawaran umum perdana (IPO), yang menjadi tonggak sejarah penting bagi perusahaan serta memberikan dampak positif bagi pasar modal Indonesia. Ellies menyatakan bahwa perusahaan telah bertransformasi dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan publik dengan akses finansial dan jejaring bisnis yang lebih luas untuk mengoptimalkan peluang pasar ke depannya.

Menurut Ellies, beberapa strategi sedang dan akan dilakukan oleh perusahaan, antara lain melakukan diversifikasi produk, dengan tidak hanya fokus pada produk rumah tangga berbasis plastik, tetapi juga mengembangkan kategori produk lain yang belum digarap oleh perusahaan.

Selain itu, LIVE akan terus mengembangkan merek baru secara internal berdasarkan minat pasar, serta mengeksplorasi peluang untuk memperdagangkan merek global di pasar domestik.

“Kami juga memiliki strategi untuk mengembangkan produk ramah lingkungan dan menjalin kerja sama B2B dengan produsen yang mendukung upaya daur ulang kemasan produk,” tambah Ellies.

Perusahaan memastikan bahwa semua produk berbahan plastik telah memiliki sertifikasi ramah lingkungan, seperti SNI ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, ISO 45001:2015, Halal MUI, hingga hak menggunakan Singapore Green Label untuk produk Technoplast—termasuk peralatan rumah tangga, peralatan makan, dan minum yang terbuat dari minimal 70% bahan daur ulang.

Selain itu, perusahaan memiliki strategi untuk meningkatkan posisi pasar dengan memperluas penawaran produk sesuai tren terkini, sehingga lebih stylish dan modern. Perusahaan juga secara rutin meluncurkan produk dan varian baru setiap tahun melalui katalog, baik dari perusahaan induk maupun anak perusahaan PT Trisinar Indopratama.

Sebagai perusahaan terbuka, Homeco Living juga memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan. Dalam IHLS 2024, perusahaan juga melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dengan menyediakan booth pameran untuk Yayasan Kids Biennale Indonesia.

“Booth CSR untuk Yayasan Kids Biennale Indonesia ini kami sediakan sebagai bentuk kepedulian Homeco Living terhadap anak-anak dan remaja, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK), agar mereka dapat mengekspresikan emosi mereka secara positif melalui karya seni,” ungkap Tenny Hariska, Direktur Homeco Living. (rht)