SinarHarapan.id-Mercedes-Benz Trucks untuk kesepuluh kalinya meraih penghargaan terpenting pada industri kendaraan: jurnalis kendaraan niaga dari 24 negara Eropa memilih Mercedes-Benz eActros 600 bertenaga baterai sebagai “Truk Internasional Terbaik Tahun 2025”.

Seri unggulan baru truk listrik Mercedes-Benz eActros 600 memiliki desain aerodinamika yang canggih, disertai dengan kinerja powertrain yang maksimal, serta mampu menjangkau jarak 500 kilometer tanpa memerlukan pengisian daya.

“Sejak awal, Mercedes-Benz Trucks merancang eActros 600 sebagai truk listrik. Pada hasilnya, eActros menjadi kendaraan baterai-listrik yang canggih dan mahir dalam berbagai aplikasi jarak jauh,” ungkap Gianenrico Griffini, Ketua Juri ITotY.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks: “Kami bangga dan bahagia karena juri memilih eActros 600 kami sebagai ‘International Truck of the Year 2025’. Hampir semua anggota dewan juri telah menghabiskan waktu di belakang kemudi, menguji eActros 600 di jalan-jalan di seluruh Eropa – sehingga mereka memiliki kesempatan untuk merasakan sendiri kemampuan truk ini. Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi semua tim yang telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir, untuk membuat truk ini menjadi pemimpin di pasar.”

Stuttgart/Hanover – Jurnalis industri kendaraan niaga dari 24 negara Eropa telah memilih Mercedes-Benz eActros 600 bertenaga baterai untuk menerima penghargaan “Internasional Truk of the Year 2025”, yang merupakan penghargaan terpenting pada industri kendaraan niaga. Para juri mengapresiasi konsep teknologi inovatif secara keseluruhan dari truk heavy-duty jarak jauh ini, yaitu truk dengan teknologi penggerak modern, memiliki efisiensi energi tinggi, dan mampu menempuh jarak 500 kilometer tanpa pengisian daya perantara. Hal ini mereka buktikan pada program “eActros 600 European Testing Tour 2024”, yaitu program perjalanan pengembangan dan pengujian elektrik sepanjang lebih dari 15.000 kilometer melewati total 22 negara, dengan membawa massa kombinasi kotor 40 ton.

Pada berbagai tahapan harian perjalanan, secara teoritis truk Mercedes-Benz eActros 600 memungkinkan capaian jarak tempuh lebih dari 600 kilometer tanpa pengisian daya perantara. Di sepanjang rute, kedua truk jarak jauh ini juga mencoba pengisian daya secara eksklusif di titik pengisian daya umum, untuk membuktikan kesinambungannya dengan kesiapan ekosistem.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks, menerima penghargaan tersebut pada acara IAA Transportation 2024 di Hanover dari Gianenrico Griffini, Ketua Juri International Truck of the Year (ITotY).

“Sejak awal, Mercedes-Benz Trucks merancang eActros 600 sebagai truk listrik. Hasilnya adalah kendaraan baterai-listrik canggih dan mahir dalam berbagai aplikasi jarak jauh,” ungkap Gianenrico Griffini, menyimpulkan keputusan juri.

“Kami bangga dan bahagia karena juri memilih eActros 600 kami sebagai ‘International Truck of the Year 2025’. Hampir semua anggota dewan juri telah menghabiskan waktu di belakang kemudi, menguji eActros 600 di jalan-jalan di seluruh Eropa – sehingga mereka memiliki kesempatan untuk merasakan sendiri kemampuan truk ini. Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi semua tim yang telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir, untuk membuat truk ini menjadi pemimpin di pasar,” kata Karin Rådström.

Menurut peraturan juri, gelar ini diberikan setiap tahun kepada truk yang telah memberikan kontribusi terbesar pada inovasi transportasi jalan raya dalam hal efisiensi, emisi, keselamatan, dinamika kendaraan, dan kenyamanan. Sejak diperkenalkannya penghargaan International Truck of the Year pada tahun 1977, Mercedes-Benz Trucks kini telah memenangkan gelar tersebut sebanyak sepuluh kali. Tahun ini, Mercedes-Benz Trucks juga membuat para juri terkesan untuk pertama kalinya dengan kendaraan baterai-listrik.

Banyak jurnalis ITotY yang ikut serta dalam program “eActros 600 European Testing Tour 2024” oleh Mercedes-Benz Trucks memuji aerodinamika canggih dari kabin pengemudi ProCabin yang baru. Aerodinamika yang lebih baik sangat penting untuk pengangkutan jarak jauh truk baterai-listrik, karena hambatan udara adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi konsumsi energi. Selain itu, lebih banyak energi yang dapat juga dipulihkan karena berkurangnya hambatan udara, yang akhirnya mempengaruhi jarak tempuh yang lebih jauh.

Performa powertrain yang maksimal, akselerasi yang mulus, dan area kemudi yang bebas getaran dengan berbagai fitur baru juga dinilai positif oleh para jurnalis ITotY. Mercedes-Benz Trucks telah mengembangkan gandar elektrik baru, yang dirancang untuk 800 volt dengan dua motor listrik dan transmisi empat kecepatan, khusus untuk digunakan dalam pengangkutan jarak jauh. Motor listrik menghasilkan luaran energi secara berkelanjutan sebesar 400 kW, serta capaian puncak 600 kW. Selain itu, eActros 600 dilengkapi dengan fitur kontrol Predictive Powertrain Control (PPC) dan sistem kontrol transmisi, yang secara eksplisit disesuaikan dengan penggerak listrik. Predictive Powertrain Control secara otomatis memperhitungkan topografi, tata letak jalan, dan rambu-rambu lalu lintas untuk mendapatkan gaya mengemudi yang paling efisien.

Mengenai eActros 600

Mercedes-Benz eActros 600 untuk pengangkutan jarak jauh (long-haulage) pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2023. Kapasitas baterai tinggi lebih dari 600 kilowatt jam – karena itu model ini dinamai 600 – dan poros penggerak listrik baru yang sangat efisien yang dikembangkan secara internal memungkinkan truk listrik ini mencapai jarak tempuh 500 kilometer tanpa pengisian daya perantara. Jarak tempuh ini dicapai dalam kondisi yang sangat realistis dan praktis dengan massa kombinasi kotor sebesar 40 ton, dan juga dapat dilampaui secara signifikan tergantung pada gaya mengemudi dan rute. Mercedes-Benz eActros 600 bahkan dapat menempuh jarak lebih dari 1.000 kilometer per hari. Pengisian daya menengah dapat dilakukan selama pengemudi beristirahat sesuai yang dianjurkan – bahkan tanpa memerlukan pengisian daya megawatt – memungkinkan capaian jarak 1.000 kilometer tersebut asalkan sarana pengisian daya tersedia. Selain pengisian daya CCS hingga 400 kW, eActros 600 nantinya juga akan memungkinkan pengisian daya megawatt (MCS).

Secara visual, truk listrik jarak jauh ini memiliki ciri khas desain minimalis yang baru dengan garis-garis yang jelas dan bentuk yang aerodinamis. Dalam hal profitabilitas bagi operator armada, truk listrik akan menetapkan standar baru dan dalam jangka panjang diharapkan mampu menggantikan sebagian besar truk diesel di segmen transportasi jarak jauh. Inti dari konsep Mercedes-Benz Trucks untuk angkutan jarak jauh bertenaga baterai adalah menawarkan solusi transportasi secara holistik, terdiri dari teknologi kendaraan, konsultasi, infrastruktur pengisian daya, dan layanan dengan merek baru TruckCharge. Mercedes-Benz Trucks akan merayakan dimulainya produksi seri eActros 600 pada akhir November tahun ini di pabrik Mercedes-Benz di Wörth. Kendaraan pelanggan eActros 600 pertama akan diproduksi dan didaftarkan sebelum akhir 2024.

Daimler Truck di IAA Transportation 2024

Sorotan lain dari Daimler Truck di IAA: Truk Mercedes-Benz GenH2 dengan sel bahan bakar bertenaga hidrogen, penampilan perdana Mercedes-Benz Actros L baru dengan aerodinamika yang lebih baik, penampilan pertama di dunia bus Mercedes-Benz eCitaro K bertenaga baterai dengan jarak sumbu roda yang lebih pendek, serta pertama di hadapan publik untuk Mercedes-Benz Tourismo Safety Coach baru.
Daimler Truck meluncurkan TruckCharge untuk infrastruktur elektronik dan pengisian daya truk

Daimler Truck, salah satu produsen kendaraan komersial terbesar di dunia, mempresentasikan jalan menuju transportasi berkelanjutan pada pameran IAA Transportation 2024 di Hanover. Fokus perusahaan ditempatkan pada topik dekarbonisasi dan digitalisasi. Daimler Truck menampilkan truk Mercedes-Benz eActros 600 bertenaga baterai sebagai sorotan utama dalam pameran tersebut. Dengan e-flagship barunya, pabrikan ini bermaksud untuk mendekarbonisasi pengangkutan jarak jauh, yang bertanggung jawab atas dua pertiga dan dengan demikian bagian terbesar dari emisi CO2 dalam lalu lintas truk. Kapasitas baterai yang tinggi, lebih dari 600 kilowatt jam dan gandar penggerak listrik baru yang sangat efisien yang dikembangkan secara internal memungkinkan eActros 600 mencapai jarak tempuh 500 kilometer tanpa pengisian daya perantara. Jarak tempuh ini dicapai dalam kondisi yang sangat realistis yang mencerminkan penggunaan standar dengan massa kombinasi kotor 40 ton. Angka ini juga dapat dilampaui secara signifikan tergantung pada gaya mengemudi dan rute yang dilalui, mencapai jarak lebih dari 1.000 kilometer per hari. Hal ini dimungkinkan dengan pengisian daya antara selama waktu istirahat pengemudi yang ditentukan secara hukum – bahkan tanpa pengisian daya megawatt – asalkan fasilitas pengisian daya tersedia.
Musim panas ini, dua prototipe eActros 600 berpartisipasi dalam uji coba selama hampir tujuh minggu untuk mendemonstrasikan kinerja operasional menempuh jarak lebih dari 15.000 kilometer melalui 22 negara Eropa. Ini merupakan uji coba paling ekstensif dalam sejarah Mercedes-Benz Trucks. Masing-masing dari dua e-truk melakukan perjalanan dengan massa kombinasi kotor 40 ton dan menggunakan stasiun pengisian daya publik untuk mengisi daya.

Kendaraan tersebut berhasil mendemonstrasikan efisiensi energi yang tinggi: selama durasi perjalanan, prototipe yang dilengkapi dengan peralatan khusus untuk mengukur konsumsi mampu mencapai konsumsi berkendara rata-rata 103 kilowatt jam per 100 kilometer. Dengan menghitung kandungan energi Diesel, ini berarti konsumsi sekitar 10 liter per 100 kilometer, yang tidak mungkin dicapai dengan truk bertenaga konvensional. Pada berbagai tahapan harian tur, secara teoritis dimungkinkan untuk mencapai jarak tempuh lebih dari 600 kilometer tanpa pengisian daya perantara. Secara rata-rata, jarak tempuh yang dapat ditempuh dengan energi yang dipulihkan sekitar 25 persen dari daya penggerak eActros 600 yang dikonsumsi.(isn)