SinarHarapan.id – Setelah absen selama lima tahun, Taiwan International Trade Administration (Tita) dan Taiwan External Trade Development Council (Taitra) dengan bangga mengumumkan pembukaan Taiwan Expo 2024 di Indonesia.

Acara ini menjadi platform untuk mempromosikan dan memperkuat perdagangan bilateral antara Indonesia dan Taiwan.

Menampilkan lebih dari 130 perusahaan Taiwan terkemuka, acara ini memamerkan produk dan solusi inovatif dalam lima tema utama: Smart Manufacturing, Smart Medical, Green & Sustainable, Halal, dan Smart Lifestyle.

Taiwan Expo 2024 berlangsung dari 16 Mei sampai dengan 18 Mei 2024, mulai pukul 10.00 hingga 18.00 setiap harinya di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Taiwan Expo merupakan platform untuk menciptakan peluang bisnis dan kerja sama antara Indonesia dan Taiwan.

Guna menunjukkan semangat bekerja sama, penampilan pembuka hari ini merupakan kolaborasi antara Orkestra Angklung Indonesia dan A cappella Taiwan.

James. C. F. Huang, Chairman, Taiwan External Trade Development Council (Taitra) menyoroti hubungan bilateral yang erat antara Indonesia dan Taiwan, dan mencatat bahwa kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Ia berharap Taiwan Expo akan semakin mempererat pertukaran dan kerja sama antara perusahaan-perusahaan dari kedua belah pihak.

Taiwan Expo 2024 mempertemukan lebih dari 130 perusahaan terkemuka dari Taiwan untuk memamerkan produk-produk inovatif dan solusi terkini, yang terdiri atas lima bidang industri utama.

Di antaranya, Smart Manufacturing yang menampilkan bagaimana teknologi digunakan di pabrik-pabrik pintar, menawarkan solusi mutakhir dalam industri manufaktur untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Lalu Smart Medical yang menjawab tren perawatan kesehatan dan sistem telemedicine, menyatukan rumah sakit Taiwan, bersama perusahaan-perusahaan dengan spesialisasi dalam solusi perawatan kesehatan pintar, produk kesehatan, dan peralatan medis.

Juga ada Green & Sustainable -yang menampilkan produk yang dibuat dengan sumber terbarukan, atau menggunakan bahan daur ulang untuk menciptakan ekonomi yang berkelanjutan; Halal – temukan berbagai produk Halal dari Taiwan, dan Smart Lifestyle – menyediakan beragam produk yang memudahkan kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Paviliun Taiwan Excellence menampilkan produk-produk inovatif untuk pembangunan perkotaan, transformasi industri, komponen otomotif, rumah dan wisata, serta kehidupan yang berkelanjutan.

Paviliun Taiwan Healthcare menghadirkan rumah sakit Taiwan terkemuka dan juga perusahaan dengan spesialisasi dalam solusi perawatan kesehatan pintar, produk kesehatan, dan peralatan medis.

Paviliun Net Zero fokus pada Energi Hijau, Ekonomi Sirkular, dan Teknologi Ramah Lingkungan, menegaskan komitmen Taiwan dalam mengatasi emisi karbon dan membangun masa depan yang berkelanjutan.

Paviliun Smart Taipei, Green Innovation fokus pada Energi Hijau, Ekonomi Sirkular dan Perlindungan Lingkungan. Paviliun ini memamerkan penerapan dan keunggulan industri Kota Taipei dalam teknologi sirkular yang berkelanjutan.

Paviliun Halal Taiwan menampilan 6 perusahaan Taiwan yang menyajikan produk-produk halal terbaiknya.

Selain pameran, acara ini juga menyuguhkan kegiatan-kegiatan atraktif yang menarik banyak peserta, antara lain Forum Industri dan Konferensi Peluncuran Produk.

Acara- acara ini, bersama dengan pertemuan bisnis one-on-one, bertujuan menghubungkan para pengusaha dan pelaku bisnis Indonesia dengan berita-berita industri, tren teknologi, dan peluang bisnis baru untuk membantu pengembangan bisnis mereka.

Taiwan Expo 2024 di Indonesia dibuka pada 16 Mei (hari ini) hingga 18 Mei (Sabtu) di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 10.00 hingga 18.00 setiap harinya. Gratis tiket masuk.

“Kami mengundang Anda untuk hadir dan berkunjung ke booth para peserta pameran dari Taiwan, untuk merasakan produk teknologi cerdas dan ramah lingkungan terbaru dari Taiwan, serta menjadi mitra dengan perusahaan Taiwan,” tulis kantor perwakilan Taiwan di Jakarta dalam siaran persnya.

Untuk pendaftaran acara atau informasi lebih lanjut mengenai Taiwan Expo, bisa dilihat di laman berikut; https://idn.taiwanexpoasean.com/en_US/index.html

Atau melalui platform media sosial di; https://www.facebook.com/TaiwanExpo.idn/ dan https://www.instagram.com/taiwanexpo.id/.

Adapun Taitra didirikan pada 1970, merupakan organisasi promosi perdagangan nirlaba terkemuka di Taiwan. Disponsori oleh pemerintah dan organisasi industri, Taitra membantu perusahaan dalam memperluas jangkauan global. Berkantor pusat di Taipei, Taitra memiliki tim yang terdiri dari 1.300 spesialis dan mengoperasikan 5 kantor lokal, serta 62 cabang di seluruh dunia.

Sedangkan Taiwan Expo diadakan sejak  2017, merupakan platform terkemuka bagi bisnis Taiwan untuk mengeksplorasi peluang baru, bertukar ide, dan menjalin kemitraan di Asean, Asia, dan Amerika Utara.

Dengan keberhasilannya, Taiwan Expo telah diselenggarakan sebanyak 32 kali, mencakup 13 kota di tujuh negara, termasuk Malaysia, India, India, Filipina, Vietnam, Thailand, Amerika Serikat, dan Jepang.

Taiwan Expo diselenggarakan oleh Taitra untuk membangun hubungan antara Taiwan dengan negara tetangga di Asean. Selain menyelenggarakan pameran dagang, acara lain diadakan secara paralel, termasuk pertemuan bisnis one-on-one dan forum industri. Pada tahun 2024, Taiwan Expo akan diselenggarakan di Indonesia pada 16-18 Mei, India pada 8-10 Juli, dan Thailand pada 21-23 November.