SinarHarapan.id-Tren kunjungan wisata ke tanah air terus meningkat. Selain semakin pulihnya ekonomi global, beragam tujuan para pelancong untuk menambah pengalaman berwisata terus bergairah.
Agoda, Platform perjalanan digital baru-baru ini memaparkan beberapa catatan pendukung terhadap aktifitas kunjungan wisata yang terus meningkat. Agoda mencatat pada semester pertama tahun 2024, data pencarian akomodasi Agoda menunjukkan kenaikan 33% terhadap minat melakukan perjalanan ke Indonesia.
Indonesia masuk dalam tiga destinasi teratas bagi wisatawan Australia, India, Malaysia dan Belanda.
Bali yang sangat populer tercatat sebagai tiga destinasi terfavorit bagi wisatawan asal India dan Belanda, serta menjadi destinasi utama bagi wisatawan Australia dan Selandia Baru.
Sebagian besar pencarian ke Indonesia berasal dari Singapura, disusul Malaysia, Korea Selatan, Australia, dan India yang melengkapi lima besar. Ketertarikan wisatawan Eropa juga meningkat, dengan kenaikan sebesar 23% dalam pencarian ke Indonesia pada semester pertama 2024 dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar pencarian dari Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol.
Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Pertumbuhan minat dari Asia Utara telah meningkat pada enam bulan pertama tahun ini, dengan pencarian akomodasi dari Hong Kong naik 57%, dari Korea Selatan naik 54%, Jepang naik 50%, dan Taiwan naik 38%, dibandingkan semester pertama 2023.
“Meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi dari pemerintah. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan mitra akomodasi untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan terus membangun posisi Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik”, jelas Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda.(6/8/2024)
Lebih lanjut Gede menambahkan, Agoda mendukung target tersebut dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan Indonesia, sekaligus meningkatkan daya tarik Indonesia bagi wisatawan mancanegara.
Agoda telah secara aktif bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan menjadi membagikan praktik terbaik dalam pariwisata berkelanjutan, berinvestasi dalam kampanye lokal, dan meluncurkan promosi khusus untuk mendukung akomodasi lokal.
Tak hanya menjadi destinasi wisata yang semakin populer, data Agoda juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri, dengan kenaikan 20% untuk pencarian wisata domestik dan 13% lebih banyak pencarian untuk wisata ke luar negeri.
Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal teratas Agoda, berdasarkan jumlah pencarian akomodasi.
Pencarian penerbangan dari Indonesia juga meningkat, menjadikannya negara asal terbesar kedua pada bulan Juni. Dari semua pencarian yang dilakukan di Agoda, wisatawan Indonesia paling sering menggunakan perangkat mobile. Tren ini mencerminkan pergeseran berkelanjutan di Indonesia menuju perencanaan perjalanan yang mengutamakan perangkat mobile.
Sebanyak 42% responden menjadikan hal ini sebagai alasan untuk bepergian. Diikuti perjalanan untuk kebugaran (wellness) sebanyak 35%, lalu berkumpul bersama keluarga dan teman (33%) yang masuk dalam tiga besar.
Selain itu, Agoda baru-baru ini meluncurkan brand campaign terbaru di Indonesia yang dibintangi oleh Anya Geraldine. Berjudul ‘Liburan Tenang, Dompet Senang’, video yang baru saja diluncurkan ini berfokus pada liburan dengan harga terjangkau, sehingga memudahkan orang untuk lebih sering bepergian di Indonesia dan sekitarnya.