SinarHarapan.id – PT KAI melalui LRT Jabodebek mencatatkan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan hingga kuartal III-2024, dengan total 5.968.184 pengguna. Angka ini melonjak 23 persen dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencatat 4.844.096 penumpang. Bahkan, dibandingkan dengan kuartal I-2024, peningkatannya mencapai 55 persen dari jumlah 3.841.552 penumpang.
Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, mengucapkan terima kasih kepada para pengguna yang terus mendukung layanan ini. “Kami sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodebek. Pencapaian ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan,” ujar Mahendro dalam pernyataannya pada Rabu (2/10/2024).
Peningkatan penumpang juga terlihat pada rata-rata harian. Pada hari kerja kuartal III, rata-rata pengguna mencapai 77.251 penumpang per hari, naik 12,1 persen dari kuartal II yang mencatat 68.935 penumpang per hari. Pada akhir pekan, rata-rata pengguna LRT Jabodebek mencapai 33.350 penumpang per hari, meningkat 9,4 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.
Kinerja positif ini berlanjut pada bulan September 2024, di mana LRT Jabodebek melayani 1.953.095 penumpang. Rata-rata pengguna harian pada hari kerja mencapai 80.015 penumpang, naik 5 persen dibandingkan bulan Agustus. Sementara itu, rata-rata pengguna akhir pekan bulan September mencapai 35.279 penumpang.
Dari sisi operasional, LRT Jabodebek juga mengalami peningkatan. Pada kuartal III, KAI mengoperasikan 22.540 perjalanan pada hari kerja, naik 32 persen dari kuartal sebelumnya. Ketepatan waktu operasional mencapai 98 persen, sementara jumlah gangguan menurun drastis menjadi 1.375 gangguan dari 2.471 di kuartal II. (rht)