SinarHarapan.id – Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mengukuhkan 24 tim pemenangan bakal calon presiden 2024-2029, Ganjar Pranowo dari 24 perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Subang, Sabtu (30/9/2023).

Sebagai episentrum sukarelawan Ganjar dari kalangan buruh, GBB menawarkan konsep Komisi Nasional Hubungan Industrial untuk menyelesaikan berbagai permasalahan antara pelaku usaha dan kaum buruh.

“Salah satu program yang menjadi unggulan GBB adalah Komisi Nasional Hubungan Industrial. Komisi ini yang diharapkan menjadi program Pak Ganjar ke depan,” kata Sekretaris Jenderal GBB, Kelik Ismunanto.

Menurutnya, pembentukan KNHI dimulai dari Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) yang gencar diadakan oleh GBB di perusahaan-perusahaan seperti pada kegiatan pengukuhan di Kabupaten Subang kali ini.

Kelik menjelaskan, perwakilan dari perusahaan di Subang maupun daerah lain yang dikunjungi GBB pada umumnya mengeluhkan berbagai permasalahan normatif, salah satunya pungutan liar dalam proses perekrutan pekerja.

“Pungutan liar itu sering terjadi. Dan itu mayoritas terjadi di perusahaan-perusahaan yang itu bisa berdampak kepada penyerapan tenaga kerja di Indonesia,” katanya meyakini Ganjar Pranowo akan menyelesaikan permasalahan itu setelah menjadi Presiden.

Sebelum pengukuhan, GBB terlebih dulu mengenalkan sosok Ganjar yang terlahir dari keluarga baik dan sederhana hingga menunjukkan sepak terjangnya yang gemilang saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Pengukuhan tim pemenangan yang ditandai dengan prosesi penandatanganan komitmen dari perwakilan setiap perusahaan dilakukan setelah pembekalan dari jajaran pimpinan Dewan Pengurus Pusat (DPP) GBB.

Adapun, pengukuhan yang digelar di PT Lestari Busana Anggun Mahkota, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang itu diikuti bagian Sumber Daya Manusia (Human Resources Development/HRD) dari 24 perusahaan.

Kelik menilai para pengusaha maupun kaum buruh merespona positif terhadap kegiatan FMHI maupun konsep KNHI yang ditawarkan GBB. Sehingga, mereka pun antusias menerima para sukarelawan Ganjar di perusahaannya.

“Mereka para buruh yang ada di Subang, terutama, sangat antusias. Kita sudah beberapa kali melakukan aktivitas bekerja sama dengan serikat buruh, bekerja sama dengan HRD perusahaan bahkan kita juga pernah bekerja sama dengan owner sebuah perusahaan untuk melakukan aktivitas yang sama di beberapa tempat,” tuturnya.

Para perwakilan perusahaan yang mengikuti kegiatan kali ini berharap Ganjar dapat meningkatkan hubungan industrial antara pengusaha dan kaum buruh untuk menciptakan iklim investasi yang sehat di Indonesia.

Sementara itu, beberapa perwakilan HRD menyatakan kesiapannya untuk mendukung Ganjar menjadi Presiden di antaranya adalah Amar Sigit Pramono dari PT Youme Indonesia, Yulis dari PT Pesat Global Indonesia dan Asep dari PT Uwu Jump.

Mereka menyatakan dukungan sebagaimana tertuang dalam surat pernyataan yang ditandatangani yang berbunyi sebagai berikut:

“Dengan ini menyatakan dukungan dan siap memenangkan Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia pada pemilu 2024”.

“Saya akan berkoordinasi dengan GBB dalam melakukan kerja kerja penggalangan suara dan pemenangan Ganjar Pranowo dari kalangan pekerja/buruh di Lingkungan PT.”

“Kami sangat yakin dapat memenangkan Ganjar Pranowo pada pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat.” ***