SinarHarapan.id – Infobrand.id dan Tras N Co Indonesia meluncurkan penghargaan Top Customer Satisfaction Award 2024.
Di era digital, penjualan meningkat pesat sehingga pelanggan dengan mudah memberikan penilaian di berbagai platform online.
Pelanggan puas sering membagikan pengalaman mereka melalui ulasan positif dan rating di marketplace atau media sosial.
Begitu pula, ulasan positif menunjukkan produk memenuhi ekspektasi, sedangkan rating tinggi menarik perhatian calon konsumen baru.
Semakin banyak ulasan positif dan rating tinggi, semakin kuat posisi brand terhadap merek pesaing.
Memahami pentingnya hal ini, Infobrand.id dan Tras N Co Indonesia menghadirkan Top Customer Satisfaction Award 2024.
Penghargaan ini diberikan kepada brand yang berhasil mencapai tingkat kepuasan pelanggan tinggi melalui channel marketplace.
Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id, menyatakan penghargaan ini mendorong brand meningkatkan layanan digital mereka.
“Era digital menuntut interaksi, ulasan, dan rekomendasi yang membangun reputasi dan loyalitas brand,” ujar Susilowati.
Menurutnya, penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa brand telah memberikan pengalaman memuaskan kepada pelanggan.
Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia, menyebut pengakuan konsumen digital sebagai aspek penting dalam memilih produk.
“Digital Rating, Review, Sentiment, dan Engagement kini menjadi indikator utama bagi calon pelanggan,” tambah Tri.
Kemudian, Produk dengan rating tinggi dan ulasan positif memperkuat kepercayaan konsumen dan posisi brand di pasar.
Empat Aspek
Tras N Co dan Infobrand.id menginisiasi penghargaan ini berdasarkan riset kepuasan pelanggan di tiga marketplace utama.
Evaluasi menggunakan empat aspek: Digital Rating, Review, Sentiment, dan Engagement, menurut Tri.
Digital Rating mengukur nilai rating produk konsumen pada transaksi di official store brand.
Sementara itu, Digital Review mengevaluasi jumlah ulasan konsumen atas produk yang dibeli melalui marketplace tersebut.
Kemudian, Digital Sentiment menganalisis ulasan konsumen untuk menentukan apakah isinya positif, negatif, atau netral.
Lalu, Digital Engagement menilai interaksi brand dengan pengikutnya di Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok.
Tri berharap penghargaan ini menyadarkan brand akan pentingnya menjaga hubungan baik dengan konsumen.
“Strategi digital inovatif dan berkelanjutan harus menjadi fokus utama untuk meningkatkan pengalaman pelanggan,” kata Tri.
Selain itu, Infobrand.id juga akan menggelar the 23rd INFOBRAND FORUM 2024. Hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc, Guru Besar Sekolah Bisnis IPB University, yang akan memaparkan seminar dengan tema: “The Power of Admiration Brands: Building Trust and Loyalty”.
Acara awarding ceremony Top Customer Satisfaction Award 2024 dan the 23rd INFOBRAND FORUM 2024 diselenggarakan pada 19 Desember 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta.