5 December 2023

SinarHarapan.id – Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 sukses digelar Kemenparekraf di Senayan Park. Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 mengusung tema “Collaboration Season”, Pekan Puncak AKI 2023 menjadi bukti nyata bagaimana sebuah kolaborasi bisa membantu meningkatkan nilai sebuah produk dan karya dan membentuk kekuatan baru untuk menghadapi tantangan yang datang.

“Total transaksi dari kegiatan ini hampir mencapai 400 juta dengan total lebih dari 5.300 pengunjung. Kita akan bertemu lagi pada pelaksanaan Apresiasi Kreasi Indonesia 2024,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kepada media lewat keterangan pers Minggu, 15 Oktober 2023.

Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 diadakan dalam tiga hari dengan menghadirkan 16 booth booth dengan UMKM Kreatif terbaik dari peserta AKI 2023 se-Indonesia, kolaborasi bazar kuliner dari Alumni AKI 2021 dan 2022, juga program Kemenparekraf lainnya. Selain itu lebih dari 15 komunitas bidang kreatif turut meramaikan acara, serta penampilan musik artis nasional yakni Ayu Ting Ting, Lyodra x Titi DJ, Andien x Diskoria, Smash x Cherrybelle, Vierratalle, Padi dan Club Dangdut Racun.

Program Kemenparekraf ini diharapkan bisa menjadi wadah promosi yang maksimal untuk produk dan karya terpilih, sehingga pendampatan akan meningkat dan UMKM kreatif naik kelas. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berkolaborasi. Terima kasih kepada: Astragraphia, Bank DKI, Bioskop Online Indonesia,” kata Sandiaga.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, yang akan diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia. Program ini diharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi, dengan tema yang diangkat “Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat”.

Tujuan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di antaranya memberikan kontribusi eonomi melalui ekonomi kreatif pasca pandemi, mencari & menciptakan “ikon” produk ekraf baru yang bisa melekat di masyarakat, bahkan bisa mendunia, dan mendorong daya  beli masyarakat dan mendukung kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia. Adapun manfaat yang bisa dirasakan peserta adalah membangun jejaring dan database, produk atau karya terpublikasikan, dan memperluas pangsa pasar.

Adapun Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 terdiri dari dua agenda utama: Bootcamp (peningkatan kapasitas) dan Pameran (menampilkan dan transaksi jual beli produk kreatif). Jarak pelaksanaan Bootcamp dan Pameran sekitar satu bulan. Pelaksanaan program ini berada di 16 Kota/Kabupaten Indonesia, yang terdiri dari: Jakarta, Karawang, Sukabumi, Situbondo, Mojokerto, Kudus, Purwokerto, Kupang, Bengkulu, Bangka, Batam, Samarinda, Palangkaraya, Manado, Gorontalo dan Jayapura.