Ekonomi

Sejak Bergabung di Tokopedia, Batik Pandansari dan Pedagang Lainnya Raih Omzet Fantastis

×

Sejak Bergabung di Tokopedia, Batik Pandansari dan Pedagang Lainnya Raih Omzet Fantastis

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id-Gaya hidup berbelanja masyarakat kian terbiasa dengan bertransaksi digital.

Selain cepat dan mudah, banyak promo dan penawaran menarik bisa didapat pembeli. Penjual pun terus bermanuver dengan serangakain penawaran produk terkini dan promo, selain juga aktif mengikuti program menarik dan menguntungkan dari e-Commerce tersebut.

Banyak kisah sukses yang telah dialami penjual online di Tokopedia. Bahkan banyak dari mereka memulai usahanya dari cara yang amat sederhana hingga yang bisa langsung secara “live”, hingga mampu meraup keuntungan berkali lipat.

Misalnya saja Batik Pandansari yang berhasil meraup omzet 30 kali lipat berkat ShopTokopedia.

Batik Pandansari (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) berdiri sejak tahun 2017 di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Brand lokal ini menyediakan berbagai macam produk batik jadi, seperti blouse dan dress wanita, serta kemeja untuk pria. Jenis batik yang disediakan juga beragam, mulai dari cetak, cap, hingga tulis. Motif batik kontemporer hasil perpaduan motif abstrak dan motif batik tradisional, seperti kawung, parang, dan truntum, menjadi ciri khas Batik Pandansari.

Batik Pandansari memanfaatkan platform digital ShopTokopedia sejak tahun 2021, dan Tokopedia sejak tahun 2023. UMKM batik ini mulai memanfaatkan fitur dan kampanye di Tokopedia, serta giat membuat konten video dan melakukan live shopping di media sosial TikTok untuk meningkatkan penjualan toko di ShopTokopedia.

Upaya tersebut membuahkan hasil. Omzet bulanan Batik Pandansari di ShopTokopedia naik hingga 30 kali lipat dan mencapai ratusan juta rupiah dibandingkan saat awal bergabung. Berkat pemanfaatan teknologi, Batik Pandansari membawa dampak positif bagi perekonomian lokal lewat pembukaan lapangan pekerjaan. UMKM yang telah menjadi mitra Batik Pandansari kini memiliki pemasukan tetap dan berhasil memberdayakan lebih banyak perajin serta penjahit.

Berikut beberapa kisah sukses perjalanan bisnis pedagang yang telah bergabung dengan Tokopedia dan ShopTokopedia.

Jacquelle
Jacquelle (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) adalah brand lokal kecantikan yang didirikan oleh Budi Thomas dan Lianna Lie tahun 2015 dan telah memberdayakan puluhan karyawan yang mayoritas perempuan.

“Jacquelle telah berkolaborasi dengan karya animasi Jepang, SPYxFAMILY, dan kolaborasi ini menjadi yang pertama di dunia,” ungkap CMO of Jacquelle, Lianna Lie.(24/8/2024)

Untuk makin memperluas pasar, mendorong penjualan, dan meningkatkan efektivitas operasional, Jacquelle bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2016, dan ShopTokopedia pada tahun 2022. Lianna menambahkan, “Tokopedia dan ShopTokopedia sangat berperan dalam perjalanan bisnis Jacquelle karena senantiasa menyediakan beragam fitur maupun kampanye yang sangat berguna. Misalnya, fitur Wawasan Produk di Tokopedia yang membuat Jacquelle lebih memahami kebutuhan konsumen dan membuat setiap inovasi relevan dengan kebutuhan tersebut. Atau fitur Live Streaming di TikTok yang berguna mendorong penjualan Jacquelle di ShopTokopedia.”

“Berkat dukungan Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet bulanan Jacquelle bisa mencapai ratusan juta rupiah,” ungkap Lianna.

Pada tahun 2023, Tokopedia memfasilitasi kolaborasi Jacquelle dengan kreator konten Shani Amelia untuk mengeluarkan produk eksklusif, dan hal ini membuat penjualan Jacquelle secara keseluruhan naik 70% dibandingkan tahun 2022. Penjualan Jacquelle di ShopTokopedia saat ini naik 5 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jacquelle pun pernah diberikan kesempatan mengirimkan produk ke Korea Selatan untuk dipromosikan oleh anggota Super Junior yang bekerja sama dengan Tokopedia melalui program Mantul House.

Kintakun
Kintakun adalah (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) brand lokal Bandung yang menawarkan berbagai perlengkapan tidur seperti sprei dan didirikan oleh Ayoe Sugiarto tahun 2005, serta telah memberdayakan ratusan karyawan dan pelaku usaha garmen. Kintakun sangat mengedepankan inovasi. Misalnya, pada Ramadan lalu di tahun ini, Kintakun meluncurkan koleksi spesialnya bersama BT21 secara eksklusif di Tokopedia.

Untuk memperluas dan mengembangkan bisnis, CMO Kintakun, Vincent Saputra, mengatakan bahwa Kintakun mulai menggunakan platform digital Tokopedia pada tahun 2015, dan ShopTokopedia pada tahun 2022. “Tokopedia menyediakan solusi pemasaran komprehensif untuk mengoptimalkan bisnis. Contohnya, pada saat kampanye Kintakun bersama BT21 , solusi pemasaran komprehensif tersebut mampu mendorong peningkatan pesanan 200% dan kenaikan pendapatan 94%. Kintakun juga konsisten melakukan live streaming di TikTok 12 jam per hari guna meningkatkan brand awareness. Berkat ini, penjualan produk Kintakun dan BT21 di ShopTokopedia habis dalam waktu 4 jam saja,” tambah Vincent.

Kintakun rajin mengikuti kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia, contohnya Beli Lokal. Kintakun juga berpartisipasi dalam kampanye khusus produk rumah tangga di Tokopedia, yaitu Home Living Inspiration, dan merasakan kenaikan penjualan lebih dari 2 kali lipat. “Melalui Tokopedia dan ShopTokopedia, tahun ini omzet bulanan Kintakun meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu,” ungkap Vincent

Tokopedia tidak hanya membantu Kintakun di pemasaran online, namun juga di berbagai kesempatan offline atau hybrid seperti saat di PRJ. Hasilnya, Kintakun mendapatkan apresiasi dari Tokopedia berupa emas karena menembus ribuan order. “Kintakun berharap, Tokopedia dan ShopTokopedia bisa terus menjadi mitra terpercaya bagi brand lokal seperti Kintakun agar makin maju dan berkembang di era digital,” tutup Vincent.

THENBLANK
THENBLANK (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) adalah brand lokal fesyen yang didirikan oleh Mutiara Kamila Athiyya pada tahun 2012, menghadirkan pakaian wanita dan pria bergaya minimalis dengan memberdayakan puluhan karyawan yang mayoritas perempuan, serta para penjahit di Jawa Barat dan Jawa Tengah. THENBLANK berupaya menghasilkan produk dari bahan lokal, serta berpegang teguh pada konsep sustainable fashion dengan mengurangi limbah produksi.

“Kami sadar akan pentingnya platform teknologi untuk mengembangkan bisnis di era digital, maka THENBLANK bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2018 dan ShopTokopedia pada 2022. Tokopedia menyediakan sederet fitur seperti Voucher Toko, Bebas Ongkir hingga solusi pemasaran komprehensif yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong penjualan. Di sisi lain, fitur Live Streaming di aplikasi TikTok, membuka kesempatan bagi THENBLANK untuk menggaet calon pembeli baru lewat desain produk yang unik (preppy look) sekaligus mendongkrak penjualan di ShopTokopedia hingga 3 kali lipat,” ungkap Mutiara.

Tokopedia juga menjembatani kerja sama THENBLANK dengan Opa Oma Bagio untuk meluncurkan koleksi eksklusif first love pada hari Valentine 2023 dan berhasil meningkatkan omzet secara signifikan dibandingkan hari biasa. Mutiara menambahkan, “Kami juga rutin ikut berbagai kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia seperti Beli Lokal. Alhasil kampanye ini mendongkrak penjualan THEBLANK hingga 5 kali lipat. Selain itu, secara keseluruhan, melalui pemanfaatan Tokopedia dan ShopTokopedia, THENBLANK bisa menjual ribuan produk setiap bulannya.”

THENBLANK sangat mengapresiasi Tokopedia yang terus mendukung pelaku usaha lokal. “THENBLANK berharap Tokopedia dan ShopTokopedia bisa terus merangkul brand lokal dengan menghadirkan inovasi, kegiatan maupun kampanye yang kreatif agar brand lokal bisa terus berkarya dan berkembang di era digital,” tutup Mutiara.

ZM Zaskia Mecca
ZM Zaskia Mecca (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) merupakan brand lokal yang menyediakan berbagai produk fashion muslim wanita, pria, maupun anak, dan didirikan sejak tahun 2015 oleh Haykal Kamil. ZM Zaskia Mecca telah memberdayakan lebih dari 2.000 pekerja di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Pekalongan, dan Jepara, termasuk penjahit lokal. Merek lokal ini menilai bahwa penjahit lokal memiliki pemahaman yang sangat baik mengenai kekayaan Indonesia dan berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

ZM Zaskia Mecca bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2017 dan ShopTokopedia pada 2022 untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan. CEO Kals Corpora, Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil mengatakan, “Dalam memajukan bisnis online, ZM Zaskia Mecca memanfaatkan fitur-fitur di Tokopedia, seperti Bebas Ongkir, Voucher Toko, hingga solusi pemasaran komprehensif salah satunya fitur beriklan TopAds yang sangat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha. Di sisi lain, fitur Live Streaming di TikTok, berguna untuk membangun hubungan dengan audiens dengan lebih interaktif dan pada akhirnya mendongkrang penjualan di ShopTokopedia hingga 4 kali lipat.”

Eksposur dan penjualan ZM Zascia Mecca makin meningkat berkat platform digital seperti Tokopedia dan ShopTokopedia. Selain bisa mendapatkan puluhan ribu pesanan per bulan, ZM Zaskia Mecca bisa meningkatkan penjualan 5 kali lipat saat momen spesial seperti Ramadan. “Pada kampanye Tokopedia Ramadan in Style 2023, ZM Zaskia Mecca meluncurkan koleksi ‘Romansa Khatulistiwa’ edisi Melati yang tersedia secara eksklusif di Tokopedia. Berkat ini, penjualan meningkat 5 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. ZM Zaskia Mecca pun mengikuti kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia seperti Beli Lokal yang membuat penjualan naik 2 kali lipat,” jelas Haykal.