SinarHarapan.id-Belanja online kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Setiap orang memiliki cerita unik dalam memanfaatkan keunggulan belanja online lewat e-commerce untuk memenuhi kebutuhan.

Tingginya minat masyarakat ini turut membuka peluang bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka. Kehadiran platform e-commerce berkontribusi signifikan pada aspek ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, serta menjadi solusi bagi kebutuhan pembeli dan penjual.

Menjalankan peran sebagai destinasi belanja online bagi masyarakat, Shopee telah menghadirkan inovasi dan program bermanfaat bagi seluruh ekosistem. Berbagai kampanye dan kurasi produk terbaik yang disesuaikan dengan preferensi pengguna di laman Shopee Mall, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video yang memberikan kesempatan interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli, menjadi bentuk nyata dari upaya Shopee untuk tumbuh beriringan dengan kebutuhan rakyat serta meningkatkan pengalaman belanja pengguna.

Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia mengatakan, “Mulai dari fitur Shopee Mall hingga rangkaian fitur interaktif, Shopee Live dan Shopee Video. Inisiatif ini telah hadir mewarnai perjalanan preferensi belanja masyarakat dari waktu ke waktu dengan menyuguhkan pengalaman yang menyenangkan, nyaman, dan terpercaya. Sekaligus membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal dengan memperbanyak pintu kesempatan produk lokal dalam memperluas jangkauannya.”(25/6/2024)

Joseph Sebastian sebagai Founder & CEO Careso menceritakan awal perjalanan yang ia lalui bersama Shopee, “Bisa dibilang penjualan pertama produk Careso kepada konsumen adalah melalui Shopee. Bahkan di hari pertama kami upload produk kami di Shopee, langsung ada yang membeli. Padahal belum ada marketing yang kami lakukan dan masih toko biasa, bahkan belum menjadi Star Seller. Ini semua mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa. Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan, khususnya untuk brand lokal seperti Careso, saya puas sekali dengan Shopee sebagai sebuah platform e-commerce yang mendukung hasil karya anak bangsa.”

Tidak hanya mengikuti berbagai kampanye yang Shopee hadirkan, Careso juga melihat peluang dan merasakan manfaat yang signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video. Memiliki produk wewangian yang tidak bisa ditunjukkan warna ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya, kedua fitur interaktif Shopee ini memberikan kemudahan bagi Careso dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian.

Tiap produk Careso sendiri memiliki desain, warna, dan portrayal masing-masing yang dibuat untuk memicu imaginasi dan memori konsumen. Dengan cara yang khas ini, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian yang dimiliki dan memberikan rekomendasi secara langsung dari preferensi yang konsumen sampaikan di kolom komen melalui Shopee Live. Lewat Shopee Video, Careso juga sering memberikan tips dan info bagi konsumen sehingga lebih mudah memilih produk yang sesuai, seperti tips memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan.

“Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan Careso setelah menggunakan kedua fitur interaktif Shopee. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan Careso, dimana 40% total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live. Platform Shopee ini sudah lengkap sekali untuk brand lokal seperti kita untuk tumbuh dan berkembang, dan fitur yang dimiliki menurut saya sangat di atas platform lain. Saya yakin jika Shopee dimanfaatkan dengan baik, dapat menjadi batu loncatan bagi kesuksesan lebih banyak brand lokal dan UMKM di luar sana,” tambah Joseph.

Berdiri pada 2015, perjalanan Luxcrime kala itu tidak mudah karena masih banyak yang memandang produk kecantikan lokal sebelah mata. Sejak bergabung dengan Shopee, Luxcrime pun berhasil mentransformasi bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak konsumen. Dalam empat tahun terakhir, mereka mengalami pertumbuhan signifikan dengan lonjakan transaksi yang terus meningkat, berkat kontribusi Shopee sebagai platform sumber pendapatan terbesar Luxcrime diantara platform lainnya. Terlebih, di berbagai momen kampanye belanja Shopee mampu meningkatkan transaksi hingga 12 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Melisa Andriani, General Manager Luxcrime, mengatakan “Semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, menghasilkan sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live. Performa penjualan gemilang ini tidak terlepas dari semakin interaktifnya kami menciptakan beragam jenis sesi live streaming dan konten video kreatif, yang sukses menarik lebih banyak konsumen baru untuk jatuh cinta dengan produk-produk Luxcrime. Melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video pun membawa kami berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, memperkenalkan lebih banyak bahan baku alami khas dari berbagai daerah di Indonesia, serta meningkatkan eksposur produk-produk kecantikan lokal. Kedepannya, kami akan terus giat menciptakan inovasi produk baru agar terus menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia”.

Dampak positif kehadiran rangkaian kampanye dan fitur interaktif dari Shopee pun turut dirasakan oleh para pengguna. Di tengah kesibukannya sebagai content creator, penyanyi, dan mahasiswa, Aaliyah Massaid selalu mengandalkan Shopee sebagai solusi untuk menjawab berbagai kebutuhannya, salah satunya melalui fitur Shopee Mall Memiliki kegemaran berbelanja mengoleksi ragam item fashion untuk mendukung penampilannya di setiap kesempatan, perempuan yang akrab disapa Aaliyah ini merasa kehadiran fitur Shopee Mall sangat memperkaya pengalaman belanja menjadi lebih premium. Melalui fitur tersebut, Aaliyah mampu menemukan berbagai brand favoritnya dengan ketersediaan variasi pilihan produk yang lengkap, ditambah penawaran dan promo yang spesial, serta tentunya bergaransi 100% Ori.

“Akhir-akhir ini, aku rutin menghabiskan quality time untuk scrolling dan check-out daftar belanja di keranjang oranye, mulai dari belanja bulanan bersama pasangan, produk kecantikan dan fashion bersama keluarga, hingga perlengkapan hobi olahraga bersama teman-teman. Kehadiran fitur Shopee Mall memudahkan aku membagi waktu di tengah kesibukan sehingga bisa rutin ‘cuci mata’ berbelanja di brand favorit dengan nyaman dan aman tanpa harus keluar rumah. Sama halnya dengan fitur Shopee Live dan Shopee Video yang mampu menghubungkan aku lebih dekat dengan brand kesayangan melalui pengalaman belanja interaktif. Tidak jarang, aku menghabiskan waktu luang menonton konten-konten interaktif untuk mencari inspirasi sebelum berbelanja. Semoga Shopee dapat terus menjadi ‘comfort place’ yang tidak tergantikan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hariku,” jelas Aaliyah Massaid, Content Creator.

“Kebangaan tersendiri bagi Shopee dapat melihat secara langsung dampak yang kami berikan bagi seluruh pengguna kami. Ternyata apa yang Shopee hadirkan dan siapkan melalui kampanye, fitur dan program telah membawa manfaat signifikan, dan misi Shopee dapat terealisasi dengan nyata. Ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus konsisten berinovasi menjawab seluruh kebutuhan pengguna, serta membuka lebih banyak peluang bagi UMKM dan Brand lokal untuk terus berkembang meniti kesuksesan,” tutup Putri.