26 February 2024

SinarHarapan.id-Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan dengan wilayah laut yang dominan juga memiliki potensi kekayaan maritim yang menjanjikan. Kabupaten Gorontalo salah satunya, yang berada di Sulawesi Utara memiliki wilayah perairan yang luas sehingga sektor perikanan menjadi salah satu sektor unggulan dengan perputaran ekonomi yang tinggi di wilayah tersebut.

Guna semakin meningkatkan potensi perikanan di wilayah Gorontalo dan sekitarnya, Suzuki Marine bekerjasama dengan PT Karunia Jaya Marine menghadirkan diler Suzuki Marine yang menjadi fasilitas penjualan dan pelayanan produk outboard motor (OBM) atau mesin tempel kapal Suzuki pertama di Kabupaten Gorontalo, Sulawesi Utara pada Rabu lalu (22/11). Berlokasi di Jl. Reformasi, Hutuo, Kec. Limboto, Kabupaten Gorontalo, peresmian ini dihadiri oleh manajemen PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Kepala Kepolisian Sektor Limboto, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo Utara, serta Camat Limboto dan Lurah Hutuo.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga dikenal dengan wilayah perairan yang begitu luas dan kekayaan laut yang melimpah dengan keunggulan di bidang perikanan dan kelautan yang berkontribusi besar dalam perekonomian negara. Bahkan, menurut data resmi Pemerintah Kabupaten Gorontalo, luas perairan Kabupaten Gorontalo mencapai 587,6 km2 dengan garis pantai yang membentang di tiga kecamatan yaitu wilayah Kecamatan Batuda Pantai, Kecamatan Biluhu, dan Kecamatan Bilato.

Ketiga kecamatan tersebut memiliki kawasan pantai yang terkenal memiliki potensi yang besar di bidang perikanan. Selain itu, menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) di Provinsi Gorontalo sendiri terdapat setidaknya 9.000 lebih kapal nelayan yang rutin beroperasi. Suzuki yakin bahwa potensi perikanan Gorontalo masih sangat besar, ditambah lagi dengan persentase nelayan di Gorontalo yang menggunakan mesin tempel kapal dari Suzuki dari berbagai ukuran juga terbilang besar.

Aceng Ulumudin, Department Head of Marine PT SIS, mengatakan bahwa kehadiran diler Suzuki Marine di Gorontalo ini bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan akan mesin penggerak untuk transportasi airnya. “Kehadiran diler Suzuki Marine di Kabupaten Gorontalo kami pandang sebagai langkah strategis untuk memberi pelayanan yang lebih sigap dan optimal bagi pelanggan setia mesin tempel kapal Suzuki. Seiring dengan berkembangnya sektor perikanan di Gorontalo, kami melihat adanya peningkatan kebutuhan akan ketersediaan unit, sparepart, dan layanan service untuk para pelanggan setia dan calon pelanggan OBM Suzuki. Maka dari itu, sebagai bagian dari komitmen kami untuk terus menyediakan produk bermanfaat dan pelayanan yang siaga, pendirian diler Suzuki Marine diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor perikanan dan profesi nelayan di Kabupaten Gorontalo dan sekitarnya,” ujar Aceng,

Pendirian diler di Gorontalo dianggap strategis karena dapat dengan lebih mudah menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah Gorontalo, Gorontalo Utara, Bone Bolango, Boalemo, dan Pohuwatu. Sebagai diler Suzuki Marine pertama yang berdiri di wilayah ini, Suzuki menghadirkan layanan 3S yaitu Sales, Service, dan Sparepart yang siap melayani konsumen setiap harinya. Dengan showroom yang nyaman, Suzuki Marine menyediakan ruang display dan fasilitas penjualan unit yang siap melayani calon pelanggan. Ada pula fasilitas mobile service car yang merupakan layanan perawatan berkala atau service kendaraan yang akan langsung datang ke lokasi untuk memudahkan konsumen.

Sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme masyarakat Kabupaten Gorontalo menyambut kehadiran diler Suzuki Marine di Kabupaten Gorontalo, Suzuki telah menyiapkan berbagai program menarik yang menguntungkan calon pelanggan kami. Salah satu promo yang khusus diadakan untuk menyambut pembukaan diler baru adalah setiap calon pelanggan yang bekerja sebagai nelayan bisa mendapatkan harga spesial untuk pembelian unit tipe DF20AL 4 Tak. Caranya pun sangat mudah, calon konsumen hanya perlu datang langsung ke diler untuk melakukan pembelian unit tersebut.

Selaras dengan visi PT SIS, Juan Aswan, Direktur PT Karunia Jaya Marine menyampaikan bahwa pembukaan diler ini menjadi komitmen bersama dengan Suzuki untuk membangun dan mengembangkan potensi perikanan Gorontalo secara optimal. “Kita bisa melihat bahwa Gorontalo memiliki potensi perikanan yang masih sangat menjanjikan dan potensial untuk digarap. Maka, melalui diler Suzuki Marine di Kabupaten Gorontalo, kami berharap konsumen bisa merasakan langsung manfaat dari pelayanan 3S yang kami hadirkan untuk seluruh pelanggan setia mesin tempel kapal Suzuki maupun calon pelanggan kami di wilayah Kabupaten Gorontalo dan sekitarnya,” tutur Juan.