26 February 2024

SinarHarapan.id – Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan dukungan utuk Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024, Wanita Nelayan Sadulur Ganjar memberikan program penguatan lanjutan kepada ibu-ibu, terutama istri nelayan melalui Pelatihan Produksi Keripik Ikan di Desa Wonoharjo, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (23/11).

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Pangandaran, Hj. Ida Nurlaela Wiradinata mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh relawan Ganjar tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa Ganjar Pranowo memiliki perhatian dalam mendukung kesejahteraan ekosistem nelayan di Kabupaten Pangandaran.

“Alhamdullilah hari ini bisa melihat programnya Pak Ganjar melalui relawannya yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat keluarga nelayan di Kabupaten Pangandaran, programnya sangat baik mendukung kesejahteraan ekosistem nelayan di sini,” ungkap Ida.

Lanjutnya, keluarga nelayan di sini merasa ada sosok pemimpin yang melindungi dan mengayomi dengan program yang hebat luar biasa.

“Saya bisa melihat sendiri bagaimana antusiasme masyarakat, kegiatan ini bukan hanya sekedar sebagai ajang pengenalan dalam memilih presiden saja, tapi program tersebut akan berdampak di hati dan ingatan masyarakat karena menghasilkan dampak bagi kemajuan dan kesejahteraan hidup masyarakat,” jawab Ida.

Pangandaran sendiri saat ini memiliki koperasi nelayan dan kelompok usaha nelayan untuk mengoptimalkan penjualan hasil dari para nelayan, maka dengan adanya kegiatan ini akan Ida akan coba membantu mengakomodir hasilnya agar bisa dimaksimalkan penjualannya secara lebih masif.

“Kami yakin dengan UMKM yang dioptimalkan, Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan berdaulat untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan,” jawabnya.

Dengan melimpahnya pasokan ikan di Pangandaran, maka kreatifitas pengolahan ikan ini bisa dioptimalkan hasil olahannya.

“Apalagi ikan ini kan kaya akan protein, bisa dijadikan salah satu olahan untuk mencegah stunting,” tutupnya. (*)