SinarHarapan.id-Program “Sahabat Posyandu” kembali hadir dengan kolaborasi antara Zwitsal dan Alfamart.
Inisiatif ini bertujuan membantu ibu menjaga kesehatan kulit bayi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) melalui edukasi dan layanan kesehatan kulit.
Program berlangsung selama Desember 2024 di 34 lokasi Indonesia, menjangkau lebih dari 3.000 ibu dan bayi.
Imelda Scherers, Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia, menekankan peran Zwitsal sebagai pendamping ibu lebih dari 50 tahun dengan produk berkualitas.
“Kulit bayi lebih sensitif dibandingkan dewasa, sehingga mudah mengalami iritasi, kekeringan, atau ruam,” ujar Imelda.
Penyakit kulit pada bayi menjadi salah satu penyebab utama kesakitan global. Karenanya,
Zwitsal menggagas kampanye “1000 HPK Bersama Zwitsal Happy Skin” untuk meningkatkan kesadaran kesehatan kulit bayi.
Program ini melibatkan para bidan dari Ikatan Bidan Indonesia, yang sebelumnya dilatih oleh dokter spesialis dermatologi pediatrik RSCM.
Edukasi dalam program ini mengedepankan “4 Langkah AKSI” yang meliputi:
- Cek Ruam dan Lecet
- Cek Tekstur Kulit
- Cek Luka di Kulit
- Cek Tangisan Si Kecil
Rani Wijaya, Corporate Communication GM Alfamart, menyampaikan program ini mendukung misi Alfamart untuk membantu ibu mengecek dan menjaga tumbuh kembang anak.
Dokter Spesialis Dermatologi, Dr. Fitria Agustina, menambahkan kesehatan kulit bayi berperan penting dalam menunjang tumbuh kembang optimal. Kulit sehat memungkinkan bayi bebas bergerak dan beristirahat dengan nyaman.
Celebrity Mom Kesha Ratuliu, berbagi pengalaman melalui acara ini. “Sebagai ibu, aku jadi lebih memahami pentingnya ‘4 Langkah AKSI’. Ini membantu memastikan kulit anak tetap sehat,” ujarnya.
Program ini merupakan bagian dari kampanye berkelanjutan Zwitsal untuk mengedukasi lebih banyak ibu di Indonesia, melibatkan ahli kesehatan dan praktisi.
Harapannya, semakin banyak ibu sadar akan pentingnya menjaga kesehatan kulit bayi sejak dini.