SinarHarapan.id – Selama 67 tahun, Asuransi Astra terus berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat. Dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan bisnis, Asuransi Astra berhasil mempertahankan dan meningkatkan performanya dengan beradaptasi secara cekatan, konsisten menerapkan strategi, dan terus menciptakan inovasi. Keberhasilan ini dibuktikan melalui berbagai penghargaan dan pengakuan yang diraih sepanjang tahun 2023. Berkat prestasi tersebut, Asuransi Astra meraih posisi pertama dalam kategori Most Innovative Best Living Legend Company in Managing Innovation pada Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.

Indonesia Living Legend Companies & Brands 2024 adalah penghargaan yang diberikan oleh Majalah SWA kepada perusahaan dan merek yang telah menunjukkan performa bisnis yang kuat dan konsisten selama lebih dari 50 tahun. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan dedikasi mereka dalam memajukan ekonomi Indonesia. Penilaian dilakukan berdasarkan survei dengan 11 pertanyaan kuesioner yang diajukan kepada perusahaan yang dinominasikan. Penilaian didasarkan pada empat kriteria utama: Komitmen dan Visi, Fondasi, Program dan Eksekusi, serta Hasil dan Dampak.

Berusaha terus mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan, Asuransi Astra berupaya mempertahankan kinerja dan memberikan peace of mind. Inovasi diterapkan melalui pengembangan produk dan layanan yang selaras dengan perkembangan digital untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini didukung oleh komitmen seluruh stakeholder, penerapan budaya unggul, konsistensi dalam strategi, serta kemampuan adaptasi yang cepat, kreatif, dan inovatif melalui pelaksanaan strategi triple P roadmap: Portfolio, People, dan Public Contribution oleh seluruh karyawan Asuransi Astra.

Asuransi Astra menciptakan berbagai inovasi dan terobosan baru pada produk dan layanan, sesuai dengan nilai perusahaan, agility, yang mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar. Selain mempertahankan reputasi merek, inovasi ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga tercipta kepuasan dan kepercayaan. Produk Garda Oto menyediakan proses akuisisi dan klaim baik secara langsung di kantor cabang dan gerai Garda Center maupun daring melalui aplikasi myGarda, website gardaoto.com, atau menghubungi Garda Akses di 1 500 112. Garda Oto juga menyediakan layanan Whatsapp Garda Akses di nomor 08950 1 500 112 untuk informasi produk dan layanan darurat. Produk asuransi kesehatan korporasi Garda Medika menyediakan layanan kesehatan melalui Garda M-Klinik dan akses mudah di Garda Mobile Medcare dengan fitur E-Consultation, E-Claim, dan Express Appointment untuk rawat jalan secara cashless tanpa antre.

Tidak hanya unggul dalam kualitas dan fitur layanan, Asuransi Astra juga diakui secara global atas kredibilitas dan kinerjanya. Asuransi Astra mempertahankan rating Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating “a-” (Excellent) dari lembaga pemeringkat asuransi internasional AM Best. Tahun ini, AM Best juga menetapkan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional) dengan outlook stable, yang mencerminkan kekuatan keuangan dan kemampuan Asuransi Astra dalam memenuhi kewajibannya kepada pelanggan.

Asuransi Astra juga berkomitmen memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui kegiatan Estafet Peduli Bumi, yang mendorong kegiatan Environment, Social, & Government (ESG) untuk mengimplementasikan gerakan sustainability. Kegiatan ini telah dilaksanakan di 13 kota di Indonesia dan akan terus berlanjut, mencakup pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan.

Melalui kampanye #LangkahSederhana, Asuransi Astra berupaya mewujudkan SDGs poin 13 “Penanganan Perubahan Iklim” dengan tindakan cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya. Kampanye ini selaras dengan visi Asuransi Astra “Bring Peace of Mind to Millions,” yang mendukung setiap langkah perubahan untuk menciptakan peace of mind bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Menjaga kinerja perusahaan selama bertahun-tahun bukan hanya untuk mempertahankan brand, namun juga untuk mendapatkan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan serta masyarakat. Kami berterima kasih kepada seluruh karyawan atas dedikasi dan komitmen mereka dalam membangun perusahaan ke arah yang lebih baik. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus mengembangkan strategi dan berinovasi agar dapat terus bertumbuh lebih baik dan memberikan peace of mind kepada jutaan orang,” tutur EVP Human Capital & Facilities Management Asuransi Astra, Tri Rahayu Andayani.