30 November 2023

SinarHarapan.id Р Pemulasaraan jenazah atau aktivitas mengurus pemakaman warga yang meninggal dunia di salah satu wilayah Kecamatan Periuk, Kota Tangerang masih terkendala peralatan yang minim.

Tak heran, warga pun sangat senang saat Kelompok sukarelawan Ganjar Untuk Semua (GUS) menyalurkan bantuan peralatan dan pelatihan tata cara pemulasaraan jenazah pada Jumat (27/10/2023).

“Alhamdulillah sangat membantu sekali buat di masjid kita masjid Assalam ini dikarenakan dari dulu kita selalu meminjam ke tempat masjid-masjid lain. Sekarang, sudah ada bantuan dari tim Ganjar Untuk Semua,” kata salah seorang warga, Gino.

Dia mengakui, selama ini warga kesulitan mengurus pemakaman warga yang meninggal dunia di lingkungan mereka karena tidak adanya peralatan pemulasaraan jenazah sehingga mereka pun harus pontang-panting meminjamnya dari wilayah lain.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya. (Bantuannya) sangat bermanfaat khususnya buat warga RW 22 di sini. Terlebih dahulu, saya mengucapkan terima kasih kepada tim relawan Ganjar Untuk Semua,” kata Gino.

Sementara itu, Koordinator GUS Kota Tangerang, Ahmad Hasani mengatakan kegiatan kali ini juga diikuti pelatihan tata cara memandikan jenazah yang baik dan benar sesuai syariat Islam.

Pelatihan itu diikuti sejumlah peserta yang berasal dari unsur ibu-ibu anggota Majelis Taklim dan para bapak pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di wilayah Kecamatan Periuk Kota Tangerang, Banten.

“Kami mendapatkan undangan dari masyarakat beserta pengurus DKM untuk (mengisi) pelatihan pemandian jenazah. Kami dari Ganjar Untuk Semua Kota Tangerang, sangat berterima kasih atas kesempatan waktunya dan sambutannya sehingga kegiatan berjalan dengan baik,” tuturnya.

Adapun, bantuan peralatan pemulasaraan jenazah yang diserahkan para sukarelawan Ganjar Untuk Semua kepada warga berupa karanda mayat, kain penutup keranda, kain kafan dan sebagainya.

“Dalam kesempatan ini kami memberikan bantuan seperangkat alat pemandian jenazah, keranda dan lain-lain. Alhamdulillah antusiasme masyarakat menerima dengan baik,” ujar Ahmad.

Melihat antusiasme warga pada kegiatan tersebut, dia meyakini dukungan terhadap Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD juga sangat besar.

“Mudah-mudahan, ke depan kita bisa terus bisa bersinergi dari Ganjar untuk masyarakat Kota Tangerang, khususnya. Saya melihatnya sangat antusias dan positif,” katanya berharap. (*)