DAIKIN ANNUAL CHARITY GOLF - Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia Shinji Miyata (kiri) didampingi Presiden Direktur PT Daikin Applied Solution Indonesia Giam Tee Kiat (kanan) menyerahkan secara simbolik bantuan dana kepada Chief Marketing Officer BenihBaik.com Firdaus Juli di tengah rangkaian acara Daikin Annual Charity Golf 2024. Lewat kegiatan Annual Charity Golf 2024, Daikin berhasil menghimpun dana sebesar Rp 150 juta lewat "Dukungan Daikin untuk Anak Indonesia (Perlengkapan Sekolah)". (Foto: Redaksi)

SinarHarapan.id – PT. Daikin Airconditioning Indonesia (Daikin ) kembali menunjukkan kepeduliannya pada isu sosial kemasyarakatan. Melalui perhelatan turnamen golf tahunan perusahaan, DAIKIN Annual Charity Golf, perusahaan spesialis tata udara dari Jepang ini menghimpun dukungan penyediaan perlengkapan sekolah bagi anak yang membutuhkan di beberapa wilayah di Indonesia.

Menggandeng Yayasan BenihBaik Indonesia yang dikenal melalui platform Benihbaik.com, dukungan perlengkapan sekolah ini nantinya akan disampaikan pada siswa di tiga sekolah dasar yang berlokasi di Sidoarjo, Surabaya dan Bekasi. Dukungan perlengkapan sekolah ini berbentuk seperangkat seragam, tas dan sepatu.

“Memberi arti lebih dari keberadaannya sebagai ruang komunikasi bagi para mitra Daikin, kami membuat kehadiran turnamen golf ini hadir sekaligus sebagai upaya menumbuhkan kepedulian bersama terkait kondisi anak sekolah di Indonesia,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia disela-sela penyelenggaraan turnamen golf ini. Diikuti 144 peserta, DAIKIN Annual Charity Golf ini diselenggarakan pada 21 September di Sentul Highlands Golf Club, Sentul, Jawa Barat.

Tersirat kuat dari namanya, DAIKIN Annual Charity Golf merupakan kegiatan turnamen golf tahunan Daikin yang diselenggarakan bagi para mitranya. Sejak awal hingga tahun ke-4 penyelenggaraannya kini, turnamen golf ini dirancang dengan dua fokus utama yaitu sinergi dan kontribusi.

Fokus sinergi diharapkan tercipta melalui jalinan komunikasi dalam nuansa rekreasi antara Daikin dan mitra bisnisnya sebagai peserta. Disatu sisi, hal ini terlihat dari ragam latar belakang peserta yang mencakup kontraktor, pemilik gedung, arsitek, developer dan konsultan dari beragam spesialisasi. Disisi lain, tampak melalui kolaborasi penyelenggaranya yang merupakan grup usaha Daikin di Indonesia. Meliputi didalamnya yaitu PT Daikin Airconditioning Indonesia, PT Daikin Applied Solution Indonesia, PT Daikin Manufacturing Indonesia dan PT Daikin Industries Indonesia.

Bersanding dengan penciptaan sinergi, fokus penyelenggaraan turnamen golf Daikin ini juga membawa misi memberikan kontribusi pada pengembangan masyarakat Indonesia. “Kontribusi ini tak hanya dari perusahaan. Namun melaluinya, kami bermaksud menumbuhkan kepedulian diantara seluruh peserta sebagai bagian dari keluarga besar Daikin di Indonesia,” ujar Giam Tee Kiat, Presiden Direktur PT Daikin Applied Solution Indonesia.

Sejalan dengan fokus inilah, dukungan perangkat sekolah anak ini bukan hanya merupakan donasi dari perusahaan, namun pula merupakan akumulasi dari seluruh peserta turnamen golf Daikin. Sejumlah 150 juta rupiah berhasil dihimpun dari turnamen ini. Dana inilah yang kemudian akan dikonversi menjadi perlengkapan sekolah bagi anak dari keluarga pra sejahtera di ketiga wilayah disebutkan sebelumnya.

DAIKIN ANNUAL CHARITY GOLF – Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia Shinji Miyata memberikan sambutan saat acara Daikin Annual Charity Golf 2024. Lewat kegiatan Annual Charity Golf 2024, Daikin berhasil menghimpun dana sebesar Rp 150 juta lewat “Dukungan Daikin untuk Anak Indonesia (Perlengkapan Sekolah)”. (Foto: Redaksi)

“Donasi yang dihimpun dari seluruh peserta dan perusahaan merepresentasikan upaya kami selaku keluarga besar Daikin di Indonesia untuk lebih bersinergi dalam berkontribusi pada isu sosial kemasyarakatan di Indonesia,” ujar Shinji Miyata lagi.

Keseluruhan dana yang terkumpul dalam perhelatan DAIKIN Annual Charity Golf ke-4 ini diterima secara simbolis oleh Firdaus Juli selaku Chief Marketing Officer dari Yayasan Benih Baik Indonesia. Dikenal juga dari nama Benihbaik.com yang menjadi platform penggalangan dana donasi, yayasan yang salahsatunya digagas Andy Flores Noya ini menjadi mitra Daikin dalam pendistribusian donasi ini.

“Kami menyadari, dukungan ini tidak lantas dapat menjadi solusi mengatasi keseluruhan isu sosial kemasyarakatan ini,” ujar Shinji Miyata. Namun, menurutnya lagi, ”Lepas dari besarannya, menjadi harapan kami bahwa hal ini dapat menginspirasi sekaligus menularkan semangat yang sama kepada lebih banyak pihak untuk bersama berbagi dalam tiap upaya pengembangan masyarakat Indonesia kedepannya.” (job)