SinarHarapan.id – Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melatui Program Literasi Digital Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) luncurkan kampanye #MakinHepii.

Hal tersebut bertujuan agar dalam menggunakan teknologi digital, seluruh masyarakat dapat semakin bahagia, menemukan inspirasi positif, hiburan dan manfaat positif dari teknologi digital serta terhindar dari terpaan konten negatif berupa judi online, pornografi dan lain sebagainya.

Tahun 2024 merupakan tahun kelima dari penyelenggaraan Program Literasi Digital IMCD sejak program bergulir pada tahun 2020. Literasi Digital IMCD telah terselenggara secara masif di 38 provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan capaian peserta yang mendapatkan literasi di bidang digital sebanyak lebih dari 30 juta orang.

“Secara spesifik pada penyelenggaraan tahun ke-5 dari Program Literasi Digital (MCD mengambil tema kampanye #MakinHepii. Maknanya bahwa dalam menggunakan teknologi digital, seluruh masyarakat dapat semakin hepi, menemukan inspirasi positif, hiburan dan manfaat positif dari teknologi digital serta terhindar dari terpaan konten negatif berupa judi online, pornografi dan lain sebagainya,” ucap Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso, saat Peluncuran Kampanye #MakinHepii di Jakarta, akhir pekan lalu.

Beberapa bulan ini, lanjut Slamet, masyarakat Indonesia juga telah menyelesaikan Pemilihan Umum dan telah ditetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk tahun 2025 2029. la berharap dengan kampanye #MakinHepii diharapkan konflik, pertentangan, dan perdebatan yang terjadi dapat diakhiri sehingga seluruh masyarakat dapat kembali menjalankan kehidupan sehari hari dengan semangat baru dan optimis.

 

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pemberdayaan Informatika juga meminta agar kampanye #MakinHepii dapat seluas luasnya disampaikan kepada masyarakat.

“Untuk mendukung kampanye #MakinHepii, masyarakat juga dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman penggunaan teknologi digital dengan mengikuti Program Literasi Digital IMCD melalui website event.literasidigital.id. Ada banyak tema dan topik yang diselenggarakan di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia secara gratis,” ajak Slamet.

Aurelie Moeremans aktris yang menjadi talent kampanye #MakinHepii mengatakan bangga bisa mendapat kepercayaan untuk terlibat dalam kampanye tersebut.