26 February 2024

SinarHarapan.id – Sukarelawan Capres 2024 Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjartivity, melakukan aksi nyata untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan. Hal itu terinspirasi dari sosok Ganjar yang peduli terhadap kelestarian kesenian dan kebudayaan.

Ganjartivity merupakan pendukung Ganjar yang terdiri dari Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Mereka mengadakan atraksi barongsai dengan menggandeng langsung komunitas Tionghoa untuk kelompok kesenian barongsai bernama Green Dragon Lion Dance di Tegalega, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Koordinator Wilayah Ganjartivity Dicky Fauzia Rahman mengatakan, sosok Ganjar dalam menunjukkan perhatian dan kepeduliannya terhadap kesenian telah menginspirasi banyak pihak termasuk Ganjartivity untuk ikut melestarikan kesenian.

“Terinspirasi dari sosok Pak Ganjar yang luar biasa tentang kebudayaannya, tentang menghargai, tentang melestarikannya juga jadi kami terinspirasi dari sosok beliau,” ujar Dicky di lokasi, Sabtu (11/11/2023).

Kepedulian Ganjar terhadap kesenian ditunjukkan dengan seringnya menghadiri acara kesenian dan kebudayaan, hingga mendatangi langsung konser musik musisi lokal.

Tak hanya itu, saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode Ganjar juga membuat aturan yang mewajibkan ASN untuk memakai pakaian adat dari seluruh daerah di Tanah Air.

Hal itu bertujuan agar masyarakat tergerak untuk ikut bersama-sama menunjukkan kecintaannya pada kesenian dan kebudayaan bangsa Indonesia.

“Saya melihat Pak Ganjar dan Pak Mahfud juga sangat senang sekali dengan budaya, apalagi budaya yang ada di Indonesia ya,” ungkap Dicky.

Adapun atraksi kesenian barongsai Ganjartivity yang berkolaborasi dengan kelompok kesenian Green Dragon Lion Dance mendapat antusias dari masyarakat.

Dicky menuturkan, sambutan masyarakat terhadap kegiatan para pendukung Ganjar itu juga tinggi lantaran mereka ingin ikut menunjukkan perhatiannya terhadap kesenian barongsai.

“Alhamdulillah bagus juga tadi antusiasnya untuk Pak Ganjar dan Pak Mahfud dan juga buat tim barongsai. Sambutan dari mereka baik, dari masyarakat juga tadi bagus ya untuk kita mengangkat kesenian ini,” kata Dicky. (*)