SinarHarapan.id – Gelaran Discovering The Magnificence of Indonesia (DMI) 2024 Tourism & Trade Expo di Jaarbeurs, Utrecht, mencatat kesuksesan besar bagi UMKM binaan Pertamina. Pada hari kedua pameran, transaksi produk UMKM mencapai 270 ribu Euro atau lebih dari Rp4,5 miliar.
Produk unggulan seperti Bunga Palm Purbalingga dan Bali Honey Denpasar menjadi favorit pengunjung, terutama buyer Eropa dan Diaspora Belanda. Sejumlah komitmen kerja sama pembelian turut di teken dalam ajang ini.
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyampaikan apresiasi terhadap capaian tersebut. “UMKM Indonesia telah membuktikan daya saingnya di pasar global. Kami optimis produk lokal semakin banyak peminatnya di tingkat internasional,” ujarnya.
Ajang DMI 2024 menjadi platform strategis untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia, mulai dari makanan olahan, kerajinan tangan, fashion, hingga produk kecantikan berbahan lokal yang ramah lingkungan.
Baca Juga: Pertamina International Shipping Tanam 10 Ribu Mangrove
Antusiasme tinggi terlihat dari banyaknya transaksi, terutama pada produk berbasis nilai budaya dan keberlanjutan, seperti gula, madu, craft, dan tenun.
Fadjar menambahkan, “Acara ini masih berlangsung hingga akhir pekan, membuka peluang lebih besar bagi UMKM untuk memperluas pasar.”
Sebagai BUMN energi, Pertamina tak hanya fokus pada ketahanan energi, tetapi juga mendukung kemandirian ekonomi masyarakat. Upaya ini selaras dengan target Net Zero Emission 2060 dan implementasi ESG di seluruh lini bisnisnya, menunjukkan komitmen terhadap pencapaian SDGs.