Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita KiniNasional

Bawaslu Memanfaatkan CFD untuk Ajak Masyarakat Awasi Pilkada 2024

×

Bawaslu Memanfaatkan CFD untuk Ajak Masyarakat Awasi Pilkada 2024

Share this article

SinarHarapan.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI car free day (CFD) untuk mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Acara ini diadakan di Jakarta pada Minggu (22/9/2024), dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan proses pemilihan.

Example 300x600

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu RI, Lolly Suhenty, menyatakan, “Pilkada milik seluruh warga negara, maka ayo kita awasin bareng-bareng.” ungkapnya.

Dengan melibatkan masyarakat secara langsung, diharapkan dapat menciptakan kesadaran kolektif akan pentingnya pengawasan dalam pelaksanaan pemilu yang transparan dan akuntabel.

Lolly menjelaskan bahwa pemilihan CFD sebagai platform sosialisasi Pilkada 2024 bertujuan untuk menjangkau komunitas yang beragam.

Dengan adanya berbagai latar belakang peserta CFD, sosialisasi ini diharapkan dapat menyentuh berbagai komunitas dan profesi, termasuk akademisi dan komunitas hobi, sehingga pesan yang disampaikan dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat luas.

Selain itu, Lolly juga mengingatkan bahwa acara ini bertepatan dengan penetapan pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU juga mencatat bahwa terdapat 43 wilayah yang hanya memiliki calon tunggal selama masa pendaftaran yang berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus 2024. Setelah memperpanjang masa pendaftaran dan membuka penerimaan dokumen pencalonan, kini terdapat 35 wilayah dengan calon tunggal. (rht)