Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita KiniInternasional

Indonesia Dukung Integrasi Timor Leste ke ASEAN

×

Indonesia Dukung Integrasi Timor Leste ke ASEAN

Share this article
Menlu RI Retno Marsudi pada pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) di Vientiane, Laos Selasa, (8/10). (Foto: Kemlu RI)

SinarHarapan.id – Indonesia menegaskan dukungan penuh terhadap proses integrasi Timor Leste ke Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Dukungan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, pada pertemuan para Menlu  ASEAN Coordinating Council (ACC) di Vientiane, Laos pada Selasa (8/10).

Pertemuan ACC bertujuan untuk membahas proses kelembagaan ASEAN sebelum diselenggarakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-44 dan ke-45 di Vientiane, Laos.

Example 300x600

Ada tiga hal yang disampaikan Menlu RI Retno Marsudi terkait proses integrasi Timor Leste ke ASEAN.

Pertama,perlunya pembentukan unit dukungan khusus untuk Timor-Leste di Sekretariat ASEAN, untuk mendukung berbagai milestones dari roadmap untuk integrasi Timor Leste.

Kedua,pentingnya memfokuskan pada penguatan kapasitas institusional dan teknis, agar Timor-Leste dapat berperan aktif dalam proses Pembangunan Komunitas ASEAN di ketiga pilar.

Ketigapeningkatan partisipasi Timor-Leste dalam pertemuan ASEAN. “Saya rasa tiba saatnya Timor-Leste dilibatkan dalam diskusi substantif dan dalam pembentukan prioritas ASEAN,” ujar Menlu Retno.

Menlu Retno kembali menyampaikan apresiasi terhadap Keketuaan Laos di ASEAN yang telah turut menjaga kontinuitas kerja ASEAN, serta menegaskan dukungan Indonesia terhadap Keketuaan Malaysia di ASEAN tahun depan.

Dalam pertemuan, para Menlu ASEAN juga turut menyampaikan apresiasi atas dedikasi Menlu Retno selama 10 tahun terakhir dalam memperkuat ASEAN, dan siap mendukung tugas Menlu Retno selanjutnya sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk isu air. (nat)

(Sumber: Kementerian Luar Negeri)