26 February 2024

SinarHarapan.id-Usai peluncuran Warung NKRI Digital, BNPT dan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi -KPTIK memberikan beasiswa pelatihan UMKM kepada 10 anak muda terpilih dari Desa Kahuman Kabupaten Klaten.

Peluncuran Warung NKRI Digital berlangsung di Desa Kahuman, Kecamatan Polaharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (7/2/2024). Dan peresmian tersebut dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si juga dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani dan Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Haerudin, SH, MH.

KPTIK secara khusus melibatkan Cybers Academy untuk memberi pembinaan kepada seluruh pelaku usaha Warung NKRI Digital dalam mengembangkan usaha secara professional dan profitable.

Cybers Academy akan menyiapkan platform dengan metode pembelajaran yang unik, praktis, fleksibel, dan menyenangkan, bahkan bisa diakses oleh siapa pun dan dari mana saja di seluruh Indonesia. Dengan demikian, pelaku usaha akan menjadi fasilitator bagi warga dan pengunjung Warung NKRI Digital yang ingin belajar berusaha menggunakan patform dari Cybers Academy.

Variasi konten yang ditawarkan terdiri dari pendidikan formal dan nonformal, yang disajikan lewat perspektif kreatif dengan trainer-trainer berkualitas.

Pada gilirannya, pelaku usaha Warung NKRI Digital akan dilatih sehingga mampu menjadi wadah untuk pencari kerja dengan menawarkan bursa kerja yang dinamakan Talent Hub, termasuk memberikan pelatihan-pelatihan kerja yang sedang diminati saat ini antara lain Digital Marketing, Developer Website, hingga pelatihan untuk bisnis kopi seperti barista dan pemasaran usaha kopi.

Warga yang dilatih menjadi agen-agen digital juga bisa meraup untung dengan pendapatan dari transaksi digital seperti QRIS, PPOB, POS Online, listrik, PDAM, dan lain-lain.

Dengan menyalurkan kegiatan warga pada usaha-usaha yang produktif, Warung NKRI Digital ini diharapkan mampu meminimalisir atau mencegah penyebaran paham radikalisme dengan memanfaatkan tekhnologi digital.

KPTIK menarik kepercayaan pihak BNPT untuk bekerjasama membangun 37 Warung NKRI Digital yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk 1 usaha Warung NKRI Digital yang berada di Hongkong.

Sejauh ini sudah ada 22 Warkop Digital binaan KPTIK dan seluruhnya sudah rersmi bergabung dalam program Warung NKRI Digital di BNPT. Dan saat ini sudah ada 14 Warung NKRI yang berhasil bermigrasi menjadi Warung NKRI Digital dari 30 Warung NKRI yang didirkan BNPT sejak tahun 2022 lalu.

Jadi dengan bergabungnya 22 Warkop Digital dan 14 Warung NKRI menjadi Warung NKRI Digital, maka saat ini BNPT telah memiliki 37 Jaringan Warung NKRI Digital yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Papua, dan dari Miangas sampai Pulau Rote.