Otomotif

Kupas Tuntas Tansmisi New D-CVT pada Kendaraan Daihatsu

×

Kupas Tuntas Tansmisi New D-CVT pada Kendaraan Daihatsu

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id-PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar Workshop bertema Sharing Technology & Tips seputar transmisi New D-CVT pada mobil Daihatsu.

Hal ini menjadi topik utama dalam mengembangkan pengetahuan dasar seputar teknologi otomotif terkini, mulai dari pengertian, fungsi, mekanisme, hingga tips & trick dalam merawat transmisi New D-CVT.

Transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang berfungsi untuk meningkatkan torsi ataupun kecepatan, sehingga dapat menyesuaikan dimanapun mobil dikendarai. Dalam hal ini Daihatsu selalu mengembangkan kualitas produknya, salah satunya adalah komponen transmisi.

Perlu diketahui beberapa tipe transmisi seperti manual, automatic dan CVT, saat ini Daihatsu telah mengembangkan transmisi baru yang disebut “New D-CVT”.

Secara umum, transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Teknologi Transmisi D-CVT ini terbilang baru di Indonesia dan sudah diaplikasikan pada mobil Daihatsu terbaru pada model Rocky, All New Xenia dan New Sirion.

Tipe transmisi ini memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lainya, tetapi yang berbeda pada transmisi ini adalah dikombinasikan dengan split gear yang merupakan keunggulan dari system transmisi D-CVT, dimana pada saat kecepatan tinggi perpindahan tenaga berpindah dari belt ke split gear sehingga akselerasi mobil dapat maksimal dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Penggunaan transmisi ini juga tidak jauh berbeda dengan transmisi Automatic pada umumnya, yaitu mengoperasikan tuas transmisi pada posisi D (drive) pada saat berkendara, R (reverse) pada saat mundur, dan pada transmisi ini dibekali dengan posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan driver dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual, bahkan di model New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake ketika turunan.

Dalam hal perawatan transmisi D-CVT juga terbilang mudah, cukup 2 hal yang harus di pastikan yaitu: melakukan pengecekan volume dan kualitas olinya secara berkala. Dimana pengecekan dilakukan setiap 20.000KM/12 bulan dan penggantian Oli setiap 80.000KM/48 bulan mana yang tercapai terlebih dahulu.

“Kami berharap, Workshop kali ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komponen, mekanisme kerja, perawatan, termasuk tips dan trick dalam penggunaan transmisi D-CVT agar kendaraan kesayangan sahabat tetap dalam kondisi nyaman & optimal”, ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).(Iwan)