SinarHarapan.id-Menyusul beroperasinya kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara, sebuah proyek bernilai miliaran dolar yang didukung oleh Tiongkok, maka digelar lomba Kartun bertemakan “Kereta Cepat Jakarta-Bandung”.

Kompetisi yang telah dimulai sejak 3 November 2023 ini disponsori bersama oleh Kereta Cepat Indonesia-China, Indonesian Cartoonist Federation, International Daily News, China Chamber of Commerce di Indonesia, Power China dan China Railway Engineering Corporation.

Kereta peluru buatan Tiongkok bernama “Whoosh” ini dibangun untuk membawa lebih dari 600 orang dari Bandung dan ke Jakarta hanya dalam waktu 45 menit, dan merupakan bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road Tiongkok.

Pada tanggal 17 Oktober, Kereta Cepat Jakarta-Bandung resmi dibuka untuk dioperasikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping, Kepala Negara Indonesia dan Tiongkok. Ini merupakan kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan ibu kota Jakarta dan Bandung, dan menjadi yang pertama kereta api berkecepatan tinggi di Asia Tenggara.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan proyek penting kerja sama saling menguntungkan antara Indonesia dan Tiongkok, juga merupakan contoh sukses kerja sama negara-negara Asia untuk melakukan modernisasi, dan membawa harapan masyarakat Indonesia akan kehidupan yang lebih baik.

Bertepatan dengan datangnya momen bersejarah tersebut, sejumlah unit se-Indonesia bekerjasama menyelenggarakan kompetisi komik bertema Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Acara ini terbuka untuk kartunis dan penulis dari Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara. Sesuai dengan persyaratan kegiatan, hasil karya yang akan dilombakan harus merupakan karya original pribadi dengan hak kekayaan intelektual yang tidak dapat disangkal, konten yang sehat, tema yang khas, gagasan baru, dan gagasan positif.

Adapun persyaratannya : tidak ada iklan komersial yang muncul di layar. Bentuknya termasuk namun tidak terbatas pada komik gambar tangan, komik digital, dan flat komik lainnya, yang dapat berupa komik bingkai tunggal, komik empat bingkai, atau cerita buku bergambar.

Spesifikasi ukurannya adalah ukuran kertas A3 atau A4, gambar harus lengkap, lebar penuh, dan jelas, tidak ada batasan banner atau format vertikal, tidak ada batasan warna atau hitam putih. Komik digital harus dalam format JPG, dan ukuran file harus lebih besar dari 500KB.

Setiap kontestan dibatasi pada dua karya (hanya satu yang dapat memenangkan hadiah), dan judul dapat dalam bahasa Indonesia, Mandarin, atau Inggris.

Hasil Karya Peserta harus dikirim melalui email dengan “judul karya + nama penulis”, bersama dengan informasi pribadi kontestan, dan dikirim ke alamat email yang ditunjuk: xw196111xw@gmail.com.

Informasi pribadi kontestan meliputi: nama, jenis kelamin, nomor ID atau nomor paspor, kota atau unit, nomor email, nomor telepon. Batas waktu pengiriman adalah 7 Desember 2023.

Menariknya, tiga kartunis ternama Indonesia bakal menjadi panel juri. Mereka adalah: Toni Masdiono, kartunis senior legendaris yang kini tinggal di Kota Bandung; Beng Rahadian, kartunis senior, Dosen dan Penanggung jawab Program Pendidikan Desain Komunikasi Visual Institut Kesenian Jakarta; dan Thomdean, Member of Pakarti and Chief of Editor Carma-Cartoon Magazine.

Penyelenggara juga menyiapkan hadiah bagi parabpemenang lomba. Penghargaan kompetisi Kategori Kartun Peringkat 1 bakal mendapat uang tunai senilai Rp. 15.000.000; Peringkat 2 Rp.7.500.000; Peringkat 3 Rp.2.500.000. Dan 10 Pemenang penghargaan keunggulan, per orang Rp.1.000.000.

Untuk Kategori Komik, pemenang Peringkat 1 mendapat uang tunai sebesar Rp.25.000.000, Peringkat 2 Rp.15.000.000; dan Peringkat 3 Rp.5.000.000. Untuk 10 Pemenang penghargaan keunggulan, per orang mendapat Rp.2.000.000.

Pihak penyelenggara juga akan menggelar acara penghargaan di Stasiun Kereta Cepat Halim pada 18 Desember 2023, dan pameran komik keliling akan digelar di empat stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Karya pemenang akan dipajang di berbagai stasiun di sepanjang jalur tersebut.