StockReview.id – PT PLN (Persero) terus berupaya menghadirkan listrik bersih untuk mendukung target Net Zero Emissions 2060. Upaya tersebut salah satunya ditunjukkan PLN dengan menghadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Bembe, Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

PLTS Tanamalala dengan kapasitas 176 kilowatt peak (kWp) tersebut mulai dioperasikan pada Rabu (12/6/2024). Kehadiran PLTS ini bukan sekadar akan menunjang aktivitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tapi juga secara signifikan dapat mereduksi emisi karbon sebesar 715 ton per tahun di pulau tersebut.

Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas hadirnya PLTS di Pulau Bembe. Ia menambahkan, dengan beroperasinya PLTS ini diharapkan mampu menunjang aktivitas dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, masyarakat Pulau Bembe mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) secara swadaya. “Saya mewakili masyarakat Pulau Bembe mengucapkan terima kasih kepada PLN atas perhatian dan pelayanannya yang tulus kepada kami.

“Ini adalah berkah, masyarakat Pulau Bembe tidak pernah bermimpi merasakan listrik PLN namun berkat doa dan kerja keras kita semua listrik telah hadir,” ujar Basli Ali.

Sementara itu Kepala Dusun Tanjulasore, Mustaju turut mengapresiasi PLN yang telah menghadirkan listrik di pulaunya.Menurutnya, hadirnya listrik PLN akan turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.