Duta Besar RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto bersama Dita Karang, WNI personil K-Pop Band Secret Number, dan Anushka Sen, aktris ternama India. (Foto: KBRI Seoul)

SinarHarapan.id – Dalam rangka mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Duta Besar RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto telah melakukan diskusi dengan Dita Karang, WNI personil K-Pop Band Secret Number, dan Anushka Sen, aktris ternama India. Kedua artis ditangani oleh lembaga manajemen artis Korea Selatan yaitu Vine Entertainment dan Asia Lab Management.

Dubes RI di Seoul menyampaikan bahwa film dan musik merupakan subsektor potensial ekonomi kreatif di Indonesia. Penguatan kolaborasi bidang perfilman dan musik merupakan salah satu fokus kerjasama dalam rangka peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Korea di tahun 2023.

Untuk itu, salah satu tugas fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital KBRI Seoul baik guna menghubungkan maupun mencari peluang kerjasama antara para pelaku kreatif serta dengan media sebagai jendela masyarakat.

Bong Shibong, Vice CEO Vine Entertainment yang menangani manajemen Secret Number menyampaikan bahwa Indonesia memiliki banyak talenta di industri musik dan oleh karena itu disampaikan kesiapan untuk kerjasama intensif dengan pelaku industri musik dan hiburan di Indonesia. Salah satu yang sedang ditengarai adalah duet lagu antara Secret Number dengan penyanyi Indonesia.

Lee Jungsub, CEO Asia Lab Management, yang menangani manajemen Anushka Sen menyampaikan bahwa kolaborasi dengan pelaku industri film Indonesia telah terjalin.

Disampaikan rencana peluncuran film yang akan melibatkan dua aktris ternama Indonesia yaitu Luna Maya dan Mika Tambayong beserta Anushka Sen dari India serta artis-artis ternama Korea.

Sebelum acara berakhir, Dita Karang dan Anushka Sen mengundang Dubes Sulis untuk vlog bersama dalam rangka mempromosikan penguatan kerjasama pariwisata dan ekonomi kreatif dari Indonesia bertema Wonderful Indonesia ke Korea Selatan bertema Ride The Korean Wave.

Pada 2022, Dubes Gandi Sulistiyanto mengumumkan bahwa Dita Karang, gadis asal Bali dan Yogyakarta, merupakan Representative Icon KBRI Seoul dari Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Korea 2023.

Pada Resepsi Diplomatik HUT RI ke-77 2022 dan ke-78  2023, Dita Karang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Adapun Anushka Sen yang sedang berkunjung ke Korsel merupakan Duta Korean Tourism Office India dalam rangka Visit Korea Year 2023-2024.

(Sumber: KBRI Seoul)