26 February 2024

SinarHarapan.id – Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Alumni Muda UPI, ITB, dan UNPAD atau Ganjartivity memberikan edukasi terkait penanaman anggur bagi warga dalam programnya yaitu Ngajar atau Ngadawuh Ganjar, di Mahoni Leisure, Desa Selawangi, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat.

Ketua Ganjartivity Dicky Fauzia Rahman menuturkan, kegiatan dilakukan agar masyarakat paham soal budi daya anggur yang memiliki banyak peluang. Salah satunya untuk menambah perekonomian warga.

“Kami banyaknya mengedukasi bagaimana cara penanaman, menjual anggur, dan lainnya. Karena sebenarnya menanam anggur tidak usah di lahan besar, bisa di lahan rumah juga tumbuh baik jika caranya benar,” tutur Dicky, di lokasi, Minggu (26/11/2023).

“Anggur menjanjikan daya jual mahal, padahal modalnya pun tidak terlalu besar. Sehingga cocok untuk menambah perekonomian warga,” sambungnya.

Dicky menyebut, antusias warga dalam mengikuti kegiatan kali ini juga sangat tinggi. Hal ini terbukti dari aktifnya peserta dalam kegiatan narasumber.

“Alhamdulillah antusiasnya tinggi, banyak mereka yang tertarik budi daya anggur. Bahkan mereka juga menanyakan sangat detail terhadap narsum,” jelasnya.

Sementara, salah satu peserta kegiatan Feri Ginanjar menilai kegiatan kali ini sangat bermanfaat.

“Tadi kita dikasih edukasi tentang penanaman buah anggur secara garis besarnya itu. Kemudian juga anggur memiliki peluang untuk diekspor ke luar negeri,” jelas Feri.

Feri pun mengaku usai kegiatan ini akan mencoba budi daya anggur. Dia pun berharap juga ke depannya ada lagi bimbingan Ganjartivity.

“Semoga bisa terus disosialisasikan terkait budi daya anggur, lebih berkelanjutan karena saya pribadi berminat,” tutupnya. (*)