30 November 2023

SinarHarapan.id – Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Ojek Online (Kajol) Indonesia menggelar pelatihan safety riding atau keselamatan berkendara bagi para driver ojol di Serang.

Acara safery riding yang digagas Kajol Indonesia dukung Ganjar itu berlangsung di Jalan Raya Cilegon, Kampung Pelamunan Sor, Kecamatan Kramat Watu, Kabupaten Serang, Banten.

Koordinator Wilayah Kajol Indonesia Banten Ario Wibowo mengatakan acara tersebut dianggap penting untuk para driver ojol selalu berada di jalan.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, khususnya kendaraan roda dua.

“Kegiatan ini kami adakan untuk hanya untuk para driver ojol. Karena mereka sering berada di jalan. Dengan adanya pelatihan ini bisa menekan angka kecelakaan di jalanan raya khususnya motor,” kata dia dalam siaran persnya, Rabu (8/11).

Dia menambahkan pelatihan safety riding itu sebagai salah satu program rutin yang terus diadakan oleh Kajol dukung Ganjar.

Menurut dia, pelatihan tersebut sangat penting karena para driver selalu berada di jalan raya.

“Pelatihan ini sangat penting karena banyak dari pengemudi kendaraan bermotor itu bisa mengendarai motornya, tetapi banyak yang belum menguasai dan memahami berkendara yang baik dan benar,” tegas dia

Dalam pelatihan tersebut, para driver Ojol diajarkan teori hingga praktik tentang cara berkendara yang benar.

Selain itu, mereka juga berikan sejumlah pengetahuan seperti mengenai aturan rambu-rambu lalu lintas, cara berkendara, pengereman, dan lain sebagainya.

“Teman-teman driver Ojol sangat terbantu dengan adanya program Safety Riding sehingga merkea menjaga keamanan dalam berkendara dan lebih mengenal rambu-rambu jalan serta blind spot selama berada di jalanan,” tutur dia.

Di sela kegiatan tersebut, Ario tidak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai calon presiden-wakil presiden kepada para peserta yang hadir.

“Kami juga mengenalkan Pak Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI dan Bapak Mahfud MD sebagai Cawapres RI 2024,” kata Ario Wibowo.

Yusuf Saputra, salah satu peserta mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kajol dukung Ganjar itu. Dia menilai pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi para driver ojol.

“Sangat bermanfaat sekali buat kami khususnya para ojol untuk lebih bisa berkendara dengan baik dan benar,” kata Yusuf. (*)